alexametrics

Kerja Sama Asosiasi Perkuat Ekosistem Pendanaan UMKM dan Startup

29 Oktober 2021, 17:49:59 WIB

JawaPos.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendukung kerja sama Asosiasi Layanan Urun Dana Indonesia (Aludi) dengan Asosiasi Modal Ventura dan Startup Indonesia (Amvesindo) dan Asosiasi Muda Koperasi Indonesia (Amki). Kerja sama antarasosiasi ini diharapkan bisa mengakselerasi pengembangan UMKM hingga usaha rintisan (startup).

“Pada dasarnya kami sebagai regulator mendukung sinergi yang dilakukan oleh Aludi ini, sepanjang sesuai dengan ketentuan regulasi yang berlaku,” kata Direktur Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Jasa OJK Muhammad Maulana dalam keterangannya, Jumat (29/10).

CEO Mandiri Capital sekaligus Sekretaris Jendral Amvesindo Eddi Danusaputro mengungkapkan bahwa anggota Amvesindo yang merupakan perusahaan venture capital, sebagai bagian dari industri keuangan non bank menyambut baik sinergi ini.

“Sebagai bagian dari industri keuangan nonbank, menyambut baik sinergi industri securities crowdfunding memiliki prospek dan dapat turut berperan sebagai pemodal institusi untuk melakukan co-invest atau sebagai exit strategy bagi pemodal di industri securities crowdfunding,” tuturnya.

Selain dengan Amvesindo, Aludi juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan Amki. Ketua Umum Amki Frans Meroga memfasilitasi koperasi agar berkolaborasi baik sebagai pemodal untuk melakukan co-invest sebagai pemodal institusi dan mendapatkan akses dalam permodalan dari securities crowdfunding melalui ALUDI.

Sedangkan Wakil Ketua Umum 2 Aludi James Wiyardi menyebut, bahwa UMKM/UKM merupakan salah satu sektor yang berkontribusi besar bagi perekonomian Indonesia. “Dengan adanya skema securities crowdfunding, saat ini masyarakat indonesia bisa ikut mendukung dan men-support UMKM,” imbuhnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads