JawaPos Radar

Rupiah Masih Tak Berdaya Di Level 14.650

29/08/2018, 11:05 WIB | Editor: Mochamad Nur
Rupiah Masih Tak Berdaya Di Level 14.650
Ilustrasi mata uang rupiah dan dollar AS. (DOK. ISSAK RAMADHAN/JAWAPOS.COM)
Share this

JawaPos.com - Perdagangan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) hari ini makin terpuruk hingga kembali menyentuh level 14.650. Melansir Bloomberg Dollar Index, pukul 09.12 WIB, Rupiah pada perdagangan spot exchange melemah 25 poin atau 0,17 persen ke level Rp14.651 per USD. Rupiah hari ini bergerak di kisaran Rp14.630 per USD-Rp14.654 per USD.

Sementara itu, Yahoofinance juga mencatat Rupiah melemah 23 poin atau 0,16 persen menjadi Rp14.640 per USD. Dalam pantauan Yahoofinance, Rupiah berada dalam rentang Rp14.618 per USD hingga Rp14.650 per USD.

Analis AAEI Reza Priyambada mengatakan, berkurangnya kekhawatiran akan terjadinya perang dagang antara AS dan para mitra dagangnya, terutama setelah tercapainya kesepakatan dagang antara AS dan Meksiko belum direspon positif oleh rupiah.

Sementara itu, dari dalam negeri sendiri, pelaku pasar masih belum merespon positif sentimen sebelumnya terutama dari rencana kebijakan BI untuk mempertahankan nilai tukar Rupiah terutama dengan memastikan ketersediaan valas terjaga serta mempermurah swap rate BI dan swap hedging.

“Meskipun juga diikuti dengan sentimen adanya kritik dari sejumlah kalangan dalam Sidang Paripurna yang membahas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2019, dengan agenda pembacaan pandangan fraksi-fraksi,” ujarnya di Jakarta, Rabu (29/8).

Dengan adanya sentimen negatif terutama dari adanya Sidang Paripurna DPR namun, diharapkan sentimen global lebih positif untuk menopang penguatan lanjutan Rupiah.

“Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat Rupiah kembali melemah,” tandasnya.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up