alexametrics

Pemerintah Wajibkan Transaksi Saat Asian Games 2018 Pakai Kartu GPN

29 Juli 2018, 15:58:41 WIB

JawaPos.com – Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan olahraga Asian Games yang akan digelar pada 18 Agustus 2018 mendatang. Bank Indonesia (BI) yang terus gencar melakukan sosialisasi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) menyarankan agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam transaksi GPN.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan, dalam ajang internasional tersebut kartu debit berlogo GPN akan menjadi alat di setiap transaksi selain untuk alat transportasi seperti cepat ringan atau Light Rail Transit (LRT) di Jakarta-Palembang.

“Di dalam kesuksesan Asian Games ini kita sudah melakukan untuk electronic money dan kartu debit untuk alat transportasi, khususnya LRT baik Jakarta maupun Palembang, itu semua diselesaikan melalui GPN,” ujarnya di Gedung BI, Jakarta, Minggu (29/7).

Selain itu, lanjutnya, GPN juga akan diterapkan dalam setiap transaksi pada pedagang atau merchant yang berjualan disekitar kawasan penyelenggaraan acara Asian Games 2018.

“Demikian juga merchant-merchant, kalau ibu-ibu menggunakan kartu debit, di dalam merchant yang berkaitan dengan Asian Games itu juga diselesaikan melalui GPN,” tuturnya.

Dengan demikian, kata Perry, masyarakat diharapkan makin masif dalam menggunakan kartu debit berlogo GPN. Pasalnya, kartu tersebut dapat digunakan dalam transaksi debut baik domestik maupun liat negeri karena menggunakan logo visa dan mastercard.

Oleh sebab itu, Bank Sentral menghimbau masyarakat agar segera menukarkan kartu debet lamanya dengan berlogo GPN. Adapun hingga akhir 2018, ditargetkan sebanyak 13,3 juta kartu debit dengan logo GPN terdistribusikan ke masyarakat.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : (mys/JPC)



Close Ads
Pemerintah Wajibkan Transaksi Saat Asian Games 2018 Pakai Kartu GPN