alexametrics

BI: Pakai GPN, Biaya Transaksi Turun Jadi Satu Persen

29 Juli 2018, 13:12:03 WIB

JawaPos.com – Bank Indonesia (BI) saat ini sedang gencar melakukan sosialisasi pengguna Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Tujuannya untuk memudahkan transaksi masyarkat melalui semua kartu debit perbankan.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, selain mempermudah aktivitas pembayaran masyarakat, para pengguna juga akan mendapatkan keuntungan lainnya seperti biaya transaksi yang lebih murah yakni hanya 1 persen.

“Apapun Bank Anda untuk domestik transaksi akan diselesaikan di dalam negeri dan itu bisa menurunkan biaya transaksi yang dulunya tiga persen sekarang hanya satu persen,” ujarnya di acara fun bike di kompleks BI, Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (29/7).

Menurutnya, dengan adanya kartu berlogo GPN ini masyarakat tidak perlu lagi memiliki banyak kartu debit di setiap transaksi. Sebab, semua kartu debit akan terkoneksi dengan seluruh ATM yang ada.

“Semua domestik transaksi yang dulu harus route di luar negeri sekarang diselesaikan di Indonesia. Demikian juga kita sudah interkoneksi, interoperabilitas di antara alat-alat kartu pembayaran kita khususnya kartu debit,” tuturnya.

Adapun hingga akhir tahun ini, ditargetkan sebanyak 13,3 juta kartu berlogo GPN sudah terdistribusikan ke masyarakat. Dalam acara sosialisasi, ini BI juga memberikan kemudahan untuk menukarkan kartu dengan logo GPN.

Sebagai informasi, Bank Indonesia (BI) menggelar fun bike dalam acara car free day (CFD) di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat. Gelaran tersebut sekaligus memperingati hari ulang tahun BI ke-65 pada 1 Juli 2018.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan gelaran ini sekaligus dalam rangka menyambut HUT RI 17 Agustus 2018 dan juga menyemarakan gelaran Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan pada 18 Agustus 2018.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : (mys/JPC)

BI: Pakai GPN, Biaya Transaksi Turun Jadi Satu Persen