alexametrics

Gandeng Adira Insurance, Akseleran Tingkatkan Mitigasi Risiko NPL

29 Mei 2019, 23:21:24 WIB

JawaPos.com – Upaya Akseleran menjaga rasio kredit macet (non performing loan/NPL) semakin ditangani serius. Layanan teknologi keuangan berbasis Peer-to-Peer (P2P) Lending itu berfokus untuk menekan NPL di bawah 1 persen hingga akhir 2019.

Salah satu upayanya, Akseleran bekerja sama dengan Adira Insurance memberikan fasilitas asuransi kredit untuk invoice financing. “Kerja sama dengan Adira Insurance mulai efektif per 24 Mei 2019 dan merupakan asuransi kredit untuk invoice financing. Tujuannya untuk meningkatkan mitigasi risiko pinjaman gagal bayar dan melindungi pemberi pinjaman di Akseleran,” ujar CEO & Co-Founder Akseleran Ivan Tambunan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/5).

Ivan menjelaskan, kerja sama sinergis dengan Adira Insurance diharapkan mampu mendorong tingkat kepercayaan para pemberi pinjaman di Akseleran dan otomatis menambah jumlah pemberi pinjaman. Selain itu, hingga pertengahan Mei 2019, Akseleran sudah menyalurkan total pinjaman sebesar Rp 477 miliar kepada lebih dari 900 pinjaman.

“Jumlah pengguna kami saat ini sudah mencapai lebih dari 90 ribu yang tersebar merata di seluruh Indonesia. Tingkat NPL kami hingga akhir kuartal pertama 2019 di angka 0,3 persen dari total penyaluran pinjaman atau di bawah rata-rata industri P2P Lending yang sebesar 3,18 persen. Dan seiring dengan bertambahnya jumlah peminjam di Akseleran yang menggunakan invoice financing tentu kehadiran Adira Insurance membuat kami makin optimistis dapat mempertahankan angka NPL tetap di bawah 1 persen di akhir tahun ini,” ungkap Ivan.

Senada, CEO Adira Insurance Julian Noor menyambut baik adanya kolaborasi tersebut karena mampu memperluas jalur distribusi dan meningkatkan portfolio khususnya fintech lending. “Tentunya kami pun selektif dalam memilih rekanan. Akseleran memiliki angka NPL yang sangat baik, sehingga harapannya kolaborasi ini mampu memberikan nilai lebih untuk pemberi pinjaman,” katanya.

Sebagai market leader perusahaan asuransi umum, menurutnya, Adira Insurance ingin selalu memberikan berbagai kemudahan dan perlindungan menyeluruh kepada pemberi pinjaman di Akseleran. “Kami optimis, peluang asuransi pembiayaan dalam fintech lending akan semakin terbuka lebar bagi industri asuransi umum,” jelas Julian.

Editor : Fadhil Al Birra