alexametrics

Sri Mulyani Beri Kompensasi Lapor SPT Diperpanjang 1 April 2019

29 Maret 2019, 17:44:30 WIB

JawaPos.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan, bagi masyarakat yang belum melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan tahun pajak 2018 masih diberi perpanjangan waktu hingga 1 April 2019. Pengecualian dari pengenaan sanksi denda ini dituangkan dalam Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP95/PJ/2019 yang ditetapkan pada hari ini.

“Tanggal 31 (Maret), murni karena Minggu kita memberikan sedikit keluasaan pada hari Senin mulai masih boleh menyerahkan SPT dari orang pribadi tanpa mendapatkan denda. Kita kompensasi di hari Senin,” ujarnya di Kantor Perwakilan Pajak (KPP) Setiabudi Empat, Jakarta Selatan, Jumat (29/3).

Sri Mulyani menekankan, perpanjangan waktu pelaporan SPT hingga 1 April 2019 hanya untuk Wajib Pajak Orang Pribadi (OP). Sementara, untuk batasan pelaporan SPT badan atau perusahaan hingga akhir April 2019.

Wajib pajak orang pribadi yang dapat menerima pengecualian ini adalah mereka yang menyelenggarakan pembukuan dengan akhir tahun buku pada 31 Desember 2018 diwajibkan melakukan pencatatan, termasuk orang pribadi yang melakukan usaha atau pekerjaan bebas yang diperbolehkan menghitung penghasilan neto dengan menggunakan norma.

“Dan ini yang dikenai pajak penghasilan bersifat final, termasuk pajak final 0,5 persen bagi pelaku UMKM,” tuturnya.

Walaupun penyampaian SPT pada 1 April 2019 diberikan pengecualian dari denda, apabila status SPT adalah kurang bayar maka kekurangan pembayaran pajak harus dilunasi paling lambat 31 Maret 2019.

Keterlambatan pembayaran pajak dikenai sanksi bunga sebesar 2 persen per bulan dari jumlah pajak yang kurang dibayar, dihitung sejak jatuh tempo pembayaran sampai dengan tanggal pembayaran.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Pajak mengimbau masyarakat untuk segera menyampaikan SPT secara e-filing melalui portal DJP Online (https://djponline.pajak.go.id). Bagi masyarakat/wajib pajak yang mengalami kendala atau membutuhkan informasi lebih lanjut, kunjungi www.pajak.go.id atau hubungi Kring Pajak di 1500 200.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Romys Binekasri

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Sri Mulyani Beri Kompensasi Lapor SPT Diperpanjang 1 April 2019