alexametrics

Ekonomi Membaik, BI Perkirakan Kredit Tumbuh 10-12 Persen Tahun Depan

28 November 2017, 21:35:18 WIB

JawaPos.com- Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan kredit tumbuh 10-12 persen tahun 2018 seiring dengan membaiknya perekonomian Indonesia. Membaiknya perekonomian global akan mendorong volume perdagangan dan harga komoditas yang menjadi salah satu andalan ekspor Indonesia.

“Pertumbuhan kredit kita prediksi akan tumbuh 10-12 persen seiring membaiknya perekonomian di dalam negeri,” ujar Gubernur BI Agus Martowardojo dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia, Selasa (28/11) malam.

Ekonomi Membaik, BI Perkirakan Kredit Tumbuh 10-12 Persen Tahun Depan
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo saat berbicara di Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2017 di Gedung JCC, Jakarta, Selasa (28/11). (DERY RIDWANSAH/JAWAPOS.COM)

Selain dihadiri dewan gubernur Bank Indonesia dan jajarannya, pertemuan tahunan BI juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, sejumlah menteri kabinet Indonesia bersatu, para gubernur, pimpinan asosiasi perbankan, kalangan bankir dan perwakilan lembaga negara lainnya.

Membaiknya perekonomian telah mendorong laju kredit sektor perbankan. BI memperkirakan pertumbuhan kredit hingga akhir 2017 tembus level delapan persen.

Guna mendorong perekonomian, BI berencana menerbitkan sejumlah aturan yang memungkinkan bank untuk lebih getol dalam melakukan ekspansi.

Sejumlah kebijakan baru telah disiapkan seperti Giro Wajib Mininum (GWM) Everaging bukan hanya diterapkan untuk perbankan konvensional, tetapi juga disiapkan untuk perbankan syariah.

Penyempurnaan  GWM Everaging diharapkan mendorong perbankan mengelola likuiditas sehingga punya ruang lebih luas untuk  meningkatkan laju ekspansi kreditnya guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

Bukan itu saja. Dalam mendukung perkembangan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), BI mewajibkan perbankan mengalokasi kredit ke sektor ini minimal 20 persen hingga akhir 2018.

Sementara untuk mendorong perkembangan bisnis properti, Bank Indonesia akan melakukan revisi aturan Loan To Velue (LTV) menjadi bersifat khusus dari sebelumnya yang bersifat umum.

Editor : admin

Reporter : (nas/JPC)


Close Ads
Ekonomi Membaik, BI Perkirakan Kredit Tumbuh 10-12 Persen Tahun Depan