alexametrics

Ekspansi Bisnis, BFI Finance Mulai Garap Pembiayaan Sektor Pendidikan

26 November 2018, 20:41:28 WIB

JawaPos.com – Perusahaan pembiayaan PT BFI Finance terus melakukan inovasi produk pembiayaan sebagai bagian dari upaya meningkatkan pembiayaannya di pasar. Kali ini, inovasi produk dilakukan dengan menggarap pembiayaan di sektor pendidikan.

“Kita mencoba menggarap pembiayaan pendidikan. Pengembangan produk yang telah dilakukan sejak Mei 2018 direspons pasar dengan cukup baik,” ujar Business Development Head, BFI Finance, Yefta Bramiana dalam keterangannya di Jakarta, Senin (26/11).

Menurutnya, langkah perseroan masuk ke sektor pembiayaan pendidikan karena potensinya yang cukup besar. Apalagi, katanya, pendidikan sudah menjadi kebutuhan yang menjadi prioritas keluarga untuk meningkatkan taraf hidupnya.

Ia menyebutkan, sejak diperkenalkan beberapa bulan lalu, pembiayaan pendidikan telah diminati banyak nasabah. “Setidaknya kita telah meloloskan pembiayaan untuk sekitar 100 nasabah. Untuk sementara kita memilih nasabah yang telah berhubungan dengan BFI. Untuk nasabah baru, mungkin akan kita biayai awal tahun depan,” katanya.

Yefta menyebut, pembiayaan yang diberikan BFI Finance kepada nasabahnya dengan pagu maksimal sebesar Rp 40 juta dengan jangka waktu maksimal pinjaman 1 tahun. “Umumnya nasabah mengambil kredit antara Rp 15 juta sampai Rp 19 juta untuk satu pinjaman,” katanya.

Sejak diluncurkan Mei 2018, total pembiayaan pendidikan BFI Finance telah mencapai sekitar Rp 1,5 miliar. “Dengan potensi pasar yang cukup besar, kita yakin prospek pembiayaan bidnag ini cukup bagus. Tinggal bagaimana kita menggarapnya,” katanya.

Pada bagian lain, bertepatan dengan hari guru nasional yang jatuh pada tanggal 25 November 2018, perseroan melalui “BFI Education” memberikan program pembiayaan murah khusus untuk Guru yang ingin melanjutkan pendidikannya. Bahkan program BFI Education ini, memberikan kesempatan bagi 5 orang Guru pertama, mendapat bunga pinjaman 0%.

“Sebanyak lima guru pertama yang mengajukan pinjaman ke kita, akan kita kasih bunga 0%,”tuturnya.

Berdasarkan riset lnternal BFI Education, Yefta menambahkan, bahwa pendanaan masih menjadi kendala utama bagi masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikannya. Hal itulah yang mendorong perusahaan membuat suatu produk pembiayaan murah bagi masyarakat yang berniat melanjutkan pendidikannya.

“Kami tawarkan bunga yang kompetitif, sekitar 1% per tahun. Pinjaman ini pun memilik tenor selama setahun, dan bisa diperpanjang lagi nantinya.”pungkasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : (ask/JPC)

Ekspansi Bisnis, BFI Finance Mulai Garap Pembiayaan Sektor Pendidikan