alexametrics

Tekanan Ekonomi Global Belum Buat Rupiah Bertenaga Hari Ini

25 November 2021, 10:38:57 WIB

JawaPos.com – Perdagangan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini masih mendapatkan tekanan dibayangi oleh ekonomi global. Mengutip kurs tengah Bank Indonesia (BI) posisi rupiah saat ini berada di level Rp 14.272 per dolar AS.

Analis keuangan Ariston Tjendra mengatakan, pelemahan rupiah terhadap dolar AS hari ini dengan indikasi inflasi yang masih tinggi dan situasi ketenagakerjaan yang membaik di AS.

“Potensi pelemahan Rupiah masih ke arah 14.300. Dengan support di kisaran 14.220,” kaya Ariston Tjendra kepada JawaPos.com, Kamis (25/11).

Data indikator inflasi AS, Price Consumption Expenditure (PCE) bulan Oktober, menunjukan kenaikan inflasi yang persistent. Data PCE bulan Oktober menunjukan kenaikan 5,3 persen year on year, sama seperti bulan sebelumnya.

Ariston mengungkapkan, disisi lain, data ketenagakerjaan AS juga menjadi perhatian bagi para investor. Data tenaga kerja AS, klaim tunjangan pengangguran mingguan menunjukkan klaim terendah sejak tahun 1969.

“Data-data ini mendukung percepatan pengetatan moneter di AS yang bisa mendorong penguatan dolar AS,” tuturnya.

Sementara dari dalam negeri, pemangku kebijakan seperti Gubernur Bank Indonesia menyampaikan pemangkasan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia 2021 dibandingkan proyeksi sebelumnya.

“Ini mungkin bisa memberikan sentimen negatif ke rupiah,” pungkasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri




Close Ads