alexametrics

Menkeu: Jangan Baca Laporan Keuangan Cuma Lihat Sisi Utangnya Saja

25 Oktober 2017, 15:18:47 WIB

JawaPos.com – Menkeu Sri Mulyani Indrawati meminta jajarannya melihat secara luas status wajar tanpa pengecualian (WTP) dalam penyusunan laporan keuangan yang diberikan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam melakukan audit.

Menurutnya, keberadaan WTP tidak hanya bermanfaat sebagai suatu pencapaian yang baik, melainkan juga manfaat lainnya.

“Memanfaatkan laporan keuangan ini juga sangat penting. Menurut saya, selama 2004 sampai sekarang, sekitar 13 tahun, kita hanya sibuk membuat laporan keuangan mencapai status WTP. Tapi pemanfaatan laporan keuangan belum jadi topik yang sama penting dan menonjolnya,” katanya di Aula Mezanine, Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (25/10).

Lanjutnya, melalui WTP, banyak hal khususnya dalam pengelolaan keuangan yang bisa di analisa dengan baik. Selama ini manfaat itu seperti tidak terjamah.

“Laporan keuangan kita kalau dimunculkan cuma WTP, tidak ada analisanya. Apakah republik ini sudah dikelola dengan optimal. Mana daerah yang perlu diperbaiki, dalam kita kelola cashflow dana operasional pemerintahan, apakah penerimaan negara bisa memenuhi dana operasional, pertumbuhan aset, bagaimana kita kelola aset,” jelas dia.

Atas dasar itu, dirinya tidak heran jika banyak pihak yang akhirnya banyak menilai pencapaian sebuah instansi maupun pemerintahan hanya dilihat dari sisi utangnya saja. Padahal, dalam laporan keuangan banyak manfaat yang bisa dilakukan khususnya dalam perbaikan pengelolaan keuangan.

“This country is so rich. Makanya saya juga tidak heran bahwa orang bisa mempolitisasi hanya masalah utang. Padahal laporan keuangan itu gede banget, yang dilihat cuma utang saja. Aset tidak dilihat, penerimaan tidak, operasional pemerintah tidak dilihat,” tandasnya. 

Editor : admin

Reporter : (cr4/JPC)

Menkeu: Jangan Baca Laporan Keuangan Cuma Lihat Sisi Utangnya Saja