alexametrics

Perluas Pasar, BFI Serius Garap Pembiayaan Sektor Pendidikan

25 Maret 2019, 20:34:00 WIB

JawaPos.com – Ketatnya persaingan merebut pasar di bisnis perusahaan pembiayaan menuntut pelakunya untuk terus berinovasi. Pasalnya persaingan bukan hanya datang dari industri sejenis, ceruk bisnis pembiayaan juga masif digarap sektor lainnya, baik perbankan hingga perusahaan financial technologi (Fintech).

Netta Prismawiyati, Business R&D Unit Head PT BFI Finance Tbk mengungkapkan BFI kini serius menggarap pembiayaan pendidikan. Pengembangan pembiayaan ke sektor ini sebagai bagian dari upaya perseroan untuk lebih menjangkau pasar yang lebih luas.

“Pembiayaan sektor pendidikan sudah kita mulai Mei 2018. Respons masyarakat cukup bagus. Tapi memang kita sangat hati-hati karena pembiayaan ini tanpa colateral (jaminan),” ujarnya disela Pameran Banten Kampus Expo 2019 di Tangerang Selatan, Senin (25/3).

Perluas Pasar, BFI Serius Garap Pembiayaan Sektor Pendidikan
Netta Prismawiyati, Business R&D Unit Head PT BFI Finance Tbk (Istimewa)

Ia mengakui, selama ini pihaknya masih fokus menggarap nasabah existing. “Ke depan, kita akan lebih mengembangkan pasar dengan berbagai pameran dan exibisi. Tentunya ekspansi kita lakukan dengan hati-hati,” imbuhnya.

Netta mengakui pembiayaan pendidikan yang masuk dalam segmen multiguna belum memberi kontribusi besar dalam pembiayaan di BFI. “Pembiayaan ini masih kecil, kontribusinya masih kecil bila dibandingkan dengan pembiayaan sektor lainnya,” katanya.

Meski demikian, Netta melihat prospek ini cukup baik ke depannya. “Saat ini, kita telah menyalurkan pembiayaan pendidikan sekitar Rp 4 miliar,” katanya.

Pembiayaan pendidikan BFI ditawarkan dengan pinjaman maksimal sebesar Rp 30 juta dengan jangka waktu maksimal 1 tahun. “Bila dirata-rata, setiap nasabah menarik pinjaman sekitar Rp 14 juta,” katanya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads
Perluas Pasar, BFI Serius Garap Pembiayaan Sektor Pendidikan