alexametrics

Trump Tunda Kenaikan Tarif Impor Tiongkok, Rupiah Makin Berkibar

25 Februari 2019, 13:47:37 WIB

JawaPos.com – Nilai tukar mata uang Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) makin berkibar. Mengutip Yahoo Finance, siang ini Rupiah menguat di level 14.018 setelah kebijakan Presiden AS Donald Trump menunda rencana kenaikan tarif impor Tiongkok.

Amerika Serikat menunda rencana kenaikan tarif lebih dari USD 200 miliar terhadap ekspor Tiongkok. Setelah kemajuan substansial yang dibuat dalam perundingan perdagangan antara kedua negara tersebut.

“Saya senang melaporkan bahwa AS telah membuat kemajuan substansial dalam perundingan perdagangan dengan China tentang masalah struktural yang penting termasuk perlindungan kekayaan intelektual, transfer teknologi, pertanian, jasa, mata uang, dan banyak masalah lainnya,” tulis Trump di Twitter.

Artinya, Trump sudah menyatakan rasa optimis terhadap negosiasi setelah bertemu Wakil Perdana Menteri China Liu He.

Presiden Xi juga memberikan nada positif dalam surat yang dikirimkan Liu kepada Trump. Pihaknya berharap negosiasi digelar untuk mencapai  kesepakatan yang saling menguntungkan.

Perang dagang sepanjang tujuh bulan itu telah mengguncang pasar global dan memicu peringatan keras tentang risiko terhadap ekonomi dunia.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads
Trump Tunda Kenaikan Tarif Impor Tiongkok, Rupiah Makin Berkibar