JawaPos Radar

Bos BI Beberkan Keberhasilan Pemerintah Jaga Kestabilan Inflasi

24/08/2018, 16:32 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Bos BI Beberkan Keberhasilan Pemerintah Jaga Kestabilan Inflasi
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (Miftahul hayat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo cukup sumringah dengan capaian inflasi dalam dua tahun terakhir (2016-2018) yang mampu terjaga pada kisaran 3,5 plus minus 1 persen. Tahun ini, diharapkan capaian inflasi juga mampu terjaga sesuai target.

Pada 2016, capaian inflasi tercatat sebesar 3,02 persen. Kemudian, pada 2017 capaian inflasi tercatat sebesar 3,61 persen. Sementara itu sepanjang tahun kalender 2018 (Januari - Juli) tercatat sebesar 3,18 persen.

Ia mengungkapkan. ada tiga faktor yang membuat capaian inflasi mampu terkendali sesuai target. Pertama, pelemahan rupiah secara year to date hanya sebesar 7,5 persen. Angka itu masih lebih rendah dibanding Vietnam, Brasil dan neagara lainnya.

"Faktor kedua kenapa imported inflation terkendali adalah bahwa supply kita itu lebih besar dari tingkat permintaan barang atau yang kita sebut kesenjangan. Meskipun ekonomi naik kita masih di bawah kapasitas produksi nasional," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (24/8).

Ketiga, ekspektasi pasar juga dinilai mampu terjangkau dengan baik. Sebut saja salah satunya survei kegiatan usaha yang menunjukkan hasil positif karena terjaganya angka inflasi.

"Ekspektasi terjaga di kisaran 3,5 plus minus satu persen. Itu menunjukkan pengaruh nilai ujar terhadap inflasi terkendali. Saya ingin menegaskan kembali keyakinan kita inflasi bisa terkendali rendah," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up