JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tak Terpengaruh Politik, Kampret Dan Cebong Tetap Patuh Bayar Pajak

23 Agustus 2018, 17:18:41 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Tak Terpengaruh Politik, Kampret Dan Cebong Tetap Patuh Bayar Pajak
Pengamat sebut kampret dan cebong tetap bayar pajak (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo menyebut, hampir semua penerimaan jenis pajak tumbuh 15 persen. Hal itu terkontribusi dari kepatuhan pajak masyarakat dalam menjalani kewajibannya.

Dia menilai, kepatuhan itu bahkan tidak dilandasi pilihan politiknya. Kendati dia kubu oposisi, para wajib pajak tetap menjalankan kewajibannya.

"Yang menarik, kepatuhan masyarakat membayar pajak tidak terpengaruh oleh preferensi politik. Jadi mau kampret mau cebong dia akan patuh (bayar pajak)," ujarnya dalam diskusi di Cikini, Jakarta, Kamis (23/8).

Oleh karena itu, dia berharap para elite politik tidak melibatkan hal-hal yang berkaitan dengan pajak. Sebab, kepatuhan masyarakat saat ini dinilai terus mengalami perbaikan.

"Itu kurang lebihnya. Tidak ada persoalan. Jadi diharapkan elite politik tidak membawa-bawa pajak dalam kontestasi, kecuali mau berdebat soal program. Jadi kalau soal kepatuhan, memang ini menjadi konsen pembayar pajak," pungkas Yustinus.

(ce1/hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up