alexametrics

Ini Alasan BI Revisi Pertumbuhan Kredit Perbankan

23 Agustus 2017, 04:17:09 WIB

JawaPos.com – Bank Indonesia (BI) merevisi target pertumbuhan kredit perbankan dari sebelumnya 12 persen menjadi hanya 8 – 10 persen tahun ini . Perubahan tersebut memberi indikasi adanya pelemahan ekonomi di dalam negeri.

Gubernur BI, Agus Martowardojo memberi jawaban atas perubahan dalam pertumbuhan kredit tersebut. Menurutnya, sulit mencapai level 12 persen jika melihat pertumbuhan kredit yang masih kecil.

Sampai Juni 2017, kredit perbankan hanya tumbuh sebesar 3 persen secara year to date (ytd).

“Kita revisi menjadi 8-10 persen karena memang perkembangan sampai Juni menunjukkan pertumbuhan year to date dari pada pertumbuhan kredit itu ada di bawah 3 persen,” ujarnya di komplek BI, Selasa (22/8).

Lanjut Agus, dalam enam bulan terakhir, perbankan masih melakukan konsolidasi untuk menghindari berbagai risiko, salah satunya risiko dari kenaikan kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL).

“Kita sudah melihat bussines plan dari perbankan dan sudah analisa ekonomi Indonesia dari perbankan yang masih konsolidasi karena mereka juga melihat ada tren peningkatan NPL dan mereka masih melihat harga komoditas yang kemarin terkoreksi di kuartal II-2017,” pungkasnya.

Editor : Mochamad Nur

Reporter : (cr4/JPC)

Ini Alasan BI Revisi Pertumbuhan Kredit Perbankan