JawaPos Radar

Bos Bukit Asam Akui Kecipratan Untung dari Divestasi Saham Freeport

23/07/2018, 18:41 WIB | Editor: Mochamad Nur
Bos Bukit Asam Akui Kecipratan Untung dari Divestasi Saham Freeport
Ilustrasi kantor PT Bukit Asam Tbk (Dok.JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Perusahaan tambang milik BUMN, PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA) mengaku ikut kecipratan untung dari suksesnya divestasi 51 saham PT Freeport Indonesia oleh PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum).

Direktur Utama Bukit Asam Arviyan Arifin menjelaskan, keuntungan pertama yang bakal didapat Bukit Asam dari pencaplokan 51 persen saham Freeport Indonesia adalah transfer teknologi dalam kegiatan penambangan.

"Tentu yang pertama kita bisa belajar, bagaimana melakukan tambang yang underground," ungkapnya ketika ditemui, di Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Senin (23/7).

Arviyan menuturkan, teknologi penambangan bawah tanah yang sudah berhasil dilakukan Freeport bisa dipelajari Bukit Asam dalam melakukan penambangan di wilayah operasinya.

Arviyan mengatakan, Bukit Asam juga mempunyai lokasi tambang yang menggunakan teknologi underground di Ombilin.

“Freeport (sudah berhasil) 600 km. Kita paling 30 km. Batu bara di Ombilin itu 7.000 lebih kalorinya. Dan masih ekonomis kalau kita melakukan penambangan underground yang efisien dan itu belajar dari Freeport," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, prospek kerja sama pembangunan smelter juga terbuka. Namun, hal tersebut dilakukan melalui Holding BUMN tambang, yakni PT Inalum.

"(Kerja sama pembangunan smelter) Kita melalui Inalum tentunya. Karena holding kita Inalum. Secara tidak langsung nanti melalui Inalum," tandasnya.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up