alexametrics

BI Siapkan Uang Rp 188,2 Triliun Sambut Ramadan dan Lebaran

23 Mei 2018, 12:52:47 WIB

JawaPos.com – Bank Indonesia menyiapkan kebutuhan uang untuk tarik tunai sebesar Rp 188,2 triliun. Jumlah ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp 163,2 triliun.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi mengatakan, dari sisi pengelolaan uang Rupiah, BI telah mempersiapkan layanan kas, baik melalui jaringan kantor Bank Indonesia maupun jaringan perbankan. Sementara dari sisi sistem pembayaran, infrastruktur sistem pembayaran nontunai yang diselenggarakan oleh BI terus dijaga agar dapat melayani kebutuhan masyarakat.

“Untuk menjamin terpenuhinya uang di masyarakat BI mengirim dan mendistribusikan ke seluruh Indonesia. Tentu saja kita selalu menyiapkan uang dengan kondisi layak edar ke masyarakat,” ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (23/5).

BI Siapkan Uang Rp 188,2 Triliun Sambut Ramadan dan Lebaran
Penukaran uang receh di Monas. (Issak Ramadhan/JawaPos.com)

Dia menambahkan, BI juga melakukan pendistribusian uang ke wilayah 3T (terdepan, terluar dan terpencil). Hal itu dilakukan agar kebutuhan uang hingga daerah terpencil dapat terpenuhi dengan baik.

“BI itu juga menjangkau pelosok. Itu kita beri nama BI jangkau. Disana jadi uang lusuh kita tarik,” jelasnya.

Disamping itu, kendati saat ini penggunaan uang tunai masih cukup besar, pihaknya terus mendorong masyarakat agar mulai terbiasa menggunakan uang non tunai. Sehingga kedepanya Indonesia diyakini mampu meningkatkan daya saing melalui kualitas transaki keuangannya.

“Saat ini juga telah digulirkan gerbang pembayaran nasional. Bahwa program ini jamannya milenial. Mari kita dorong terus program ini supaya kita bisa setara mempunyai daya saing dengan negara lain dan sudah pasti juga untuk meningkatkan keamanan,” pungkasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : (hap/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
BI Siapkan Uang Rp 188,2 Triliun Sambut Ramadan dan Lebaran