JawaPos Radar | Iklan Jitu

Sentimen Domestik Jaga Rupiah Di Level Rp 14.500

21 November 2018, 08:12:34 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Sentimen Domestik Jaga Rupiah Di Level Rp 14.500
Ilustrasi Nilai Tukar Rupiah (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Perdagangan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) membuka peluang untuk dapat kembali melanjutkan kenaikan seiring masih adanya sejumlah sentimen positif dari dalam negeri.

Analis CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, sentimen yang memicu rupiah dalam melanjutkan tren kenaikannya kembali yaitu angin segar dari kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) dan rilis paket kebijakan ekonomi.

“Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 14.595-14.580. Meski demikian, juga perlu diperhatikan rendahnya posisi USD juga dapat dimanfaatkan spekulan untuk masuk,” ujarnya Rabu (21/11).

Reza menjelaskan, pergerakan Rupiah mampu kembali melanjutkan kenaikan. Bahkan kembali ke level 14.500an per dolar AS. Laju USD yang cenderung stagnan pada perdagangan valas dimanfaatkan Rupiah untuk kembali bergerak positif. 

Di sisi lain, lanjutnya, seperti yang diberitakan global, Wakil Gubernur The Fed Richard Clarida menilai perekonomian global mengalami perlambatan akibat isu dalam Eropa dan Tiongkok, dimana ekonomi AS pun ikut terkena dampaknya. 

“Pelaku pasar menilai ekonomi AS kemungkinan belum akan bertumbuh signifikan sehingga inflasi pun tidak akan melonjak dan pada akhirnya suku bunga The Fed dianggap belum akan dinaikan,” tuturnya.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up