alexametrics

Amunisi Ini Beri Kekuatan Dolar, Rupiah Terhempas Ke 14.210

21 Januari 2019, 11:52:43 WIB

JawaPos.com – Perdagangan nilai mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) awal pekan ini harus terhempas di atas level Rp 14.200. Menutup Yahoofinance, rupiah keok melawan dolar di posisi 14.210.

Analis Samuel Sekuritas Ahmad Mikail mengatakan penguatan indeks dolar tersebut didorong oleh kemungkinan deflasi pada data harga di level produsen Jerman bulan Desember sebesar -0,1 persen dibandingkan November sebesar 0,1 persen.

“Rupiah kemungkinan melemah ke level Rp14.150/USD-Rp 14.200/USD,” ujarnya Senin (21/1).

Selain itu, penguatan dolar juga lantaran ekspektasi jelang rilis data pertumbuhan ekonomi Tiongkok triwulan keempat yang diperkirakan melambat menjadi 6,4 persen di triwulan keempat 2018 dapat menekan yen Jepang serta mendorong arus modal keluar di pasar modal negara-negara Asia Timur.

Sementara mengutip laman Reuters, dolar mengudara di dekat level tertinggi dua pekan terhadap sekeranjang mata uang didukung pemulihan berkelanjutan dalam selera risiko (risk appetite) investor yang mendorong imbal hasil US Treasury lebih tinggi.

Harapan mencairnya ketegangan perdagangan AS-Tiongkok, Federal Reserve yang terdengar lebih dovish, dan optimisme Inggris dapat menghindari Brexit “Tanpa Kesepakatan” adalah beberapa faktor yang memicu kembalinya selera risiko investor, yang membebani pergerakan pasar pada akhir tahun lalu di tengah kejatuhan bursa ekuitas global.

“Katalis negatif dari pelemahan inflasi di Zona Eropa dan rendahnya data pertumbuhan ekonomi Tiongkok dapat menekan rupiah awal pekan ini,” tandasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads
Amunisi Ini Beri Kekuatan Dolar, Rupiah Terhempas Ke 14.210