alexametrics

Ini Upaya BI Dorong UMKM Indonesia Go Internasional

20 Juli 2018, 15:34:14 WIB

JawaPos.com – Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) punya peran penting dalam perekonomian Indonesia. Buktinya, pemerintah membentuk wadah untuk UMKM melalui Kementerian Koperasi dan UKM.

Perhatian besar yang diberikan oleh pemerintah merupakan bentuk dari keinginan kuat untuk menjaga ekonomi rakyat kecil. Tidak sampai disitu, bahkan UMKM juga terus didorong untuk bisa go internasional.

Bank Indonesia, adalah salah satu contoh instansi yang memiliki UKM binaan yang 0produknya sudah di ekspor. Meski jumlahnya masih minim, bank sentral bertekad untuk terus menambahnya.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan ada beberapa langkah yang disiapkan untuk mendorong ekspor UMKM ke pasar internasional. Pertama, BI akan mendorong para UMKM agar langsung memasarkan produknya kepada pembeli luar negeri.

Dengan kualitas yang ditawarkan, dirinya optimis para pembeli luar negeri akan merasa puas dan bisa mengajak orang-orang terdekatnya untuk membeli.

“Kedua menghubungkan UMKM dengan pelaku usaha lebih besar (eksportir),” ujarnya di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (20/7).

Upaya ketiga, lanjutnya, BI akan mengajak para desainer berpengalaman untuk membantu para UMKM. Kehadiran mereka diharapkan dapat memberi sentuhan yang menarik pada produk milik UMKM.

“Kami optimis bahwa dengan sentuhan tangan-tangan terampil para perancang busana nasional, kain-kain tradisional tersebut akan menjadi produk turunan yang berpotensi untuk menembus pasar global dan tampil dalam peragaan-peragaan busana di tingkat dunia,” jelas dia.

“Produk UMKM kreatif menyimpan potensi untuk menembus pasar global. Negara tujuan pemasaran produk-produk tersebut pun bervariasi, tidak hanya di Asia, tetapi juga Ke Eropa, Timur Tengah, serta Amerika,” tandasnya. 

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : (hap/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

Ini Upaya BI Dorong UMKM Indonesia Go Internasional