JawaPos Radar

Ini Tips Hemat Traveling di Tengah Mahalnya Dolar

20/07/2018, 09:57 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Ini Tips Hemat Traveling di Tengah Mahalnya Dolar
Rupiah kalah perkasa dari Dolar AS (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Hobi traveling memang sangat menyenangkan. Akan menjadi persoalan jika berhadapan dengan nilai mata uang atau kurs yang sedang bergejolak. Namun, di tengah pelemahan Rupiah saat ini, Anda masih bisa tetap traveling asalkan mempertimbangkan budget dan negara tujuan.

Mengutip situs resmi cermati.com, ada beberapa tips agar para traveler tak bersedih.

1. Ubah Destinasi Traveling

Bila Anda sebelumnya sudah menentukan tujuan traveling menjelang akhir tahun ini dan ternyata mata uang negara tersebut mahal, maka jangan ragu untuk mengubah destinasi Anda. Jika tidak, tak menutup kemungkinan keuangan Anda akan kedodoran jika memaksakan, atau lebih parah lagi batal traveling ke luar negeri karena ternyata tabungan jalan-jalan tidak mencukupi.

2. Pilih Negara-negara Berkembang

Setelah Anda memutuskan untuk mengubah destinasi traveling, selanjutnya adalah memilih negara-negara berkembang sebagai tujuan liburan Anda. Kenapa negara berkembang? Meski tidak semua, namun umumnya negara-negara berkembang sama seperti Indonesia adalah memiliki mata uang yang juga melemah dengan dolar AS. Dengan demikian, biaya traveling Anda tetap terjangkau.

3. Jangan Bingung Pilih Negara Destinasi Traveling

Tentu saja, Anda tak perlu bingung mencari dan memilih negara-negara berkembang mana saja yang layak masuk dalam daftar destinasi traveling. Sebab, ada banyak negara-negara berkembang di dunia ini, mulai dari benua Eropa, Asia, Afrika, bahkan benua Amerika.

Setidaknya, ada beberapa negara yang layak dijadikan tujuan liburan karena mata uangnya juga cukup lemah terhadap dolar AS, seperti Argentina (Peso), Turki (Lira), India (Rupee), Brasil (Real), Filipina (Peso), dan lainnya.

4. Cari Destinasi Negara Maju yang Mata Uangnya Melemah

Jika tidak semua negara berkembang mata uangnya melemah terhadap dolar AS, maka juga tidak semua negara maju mata uangnya menguat. Nah, jika Anda memang sangat menginginkan traveling ke sejumlah negara maju di benua Eropa, kenapa tidak mengunjungi negara-negara yang mata uangnya belakangan ini juga turut serta melemah terhadap dolar AS, seperti Swedia (Krona), Hongaria (Forint), dan lainnya.

5. Ikuti Perkembangan dan Pergerakan Kurs Terbaru

Ini penting. Sebab dengan mengikuti perkembangan dan pergerakan nilai tukar terbaru, maka Anda bisa dengan mudah menentukan rencana traveling nantinya dan mengambil keputusan dengan tepat. Jangan lupa untuk mengikuti update berita-berita ekonomi dalam negeri maupun luar negeri agar tidak ketinggalan informasi terbaru yang mungkin sangat memengaruhi rencana traveling Anda.

6. Cari Promo Tiket Pesawat

Banyak cara untuk mendapatkan tiket pesawat murah agar bujet traveling Anda ke luar negeri tetap hemat meski rupiah melemah. Anda bisa mengunjungi travel fair yang acaranya digelar secara langsung di tempat maupun browsing informasi tanpa lelah mencari tiket pesawat promo di internet atau aplikasi-aplikasi maskapai penerbangan juga agen perjalanan.

7. Gunakan Kartu Kredit

Tidak asing lagi, ada banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan dari kartu kredit. Sekarang ini, cukup banyak kartu kredit yang memberikan privilege pada penggunanya untuk menikmati berbagai fasilitas untuk penerbangan, seperti promo pembelian tiket pesawat dan lainnya, atau sekadar bertransaksi di luar negeri. Jadi, jangan ragu gunakan kartu kredit guna menghemat saat Anda traveling ke luar negeri.

8. Manfaatkan Jejaring Sosial

Di era teknologi ini, tak ada yang sulit dilakukan untuk berinteraksi dengan orang lain, bahkan yang baru dikenal sekali pun, atau ingin mencari teman. Anda bisa memanfaatkan jejaring sosial yang berisi komunitas para traveler, seperti couchsurfing, dan lainnya.

Sesama traveler, tentunya tahu hal yang dibutuhkan, seperti tempat menginap dan informasi lainnya. Anda bisa minta tumpangan dengan harga murah atau bahkan gratis di tempat tinggal mereka.

9. Bawa Uang Tunai dan Cari Penukaran Uang yang Tepat

Di mana destinasi traveling, di situ pula Anda harus memiliki mata uangnya. Ini sangat diperlukan untuk memudahkan Anda bertransaksi di negara tersebut. Maka dari itu, bawalah uang tunai yang sudah ditukarkan dengan mata uang negara tujuan secukupnya. Jangan lupa mencari tempat penukaran uang yang harganya tidak terlalu mahal. Anda bisa membandingkan antara money changer yang satu dengan lainnya hingga menemukan yang memberikan harga murah.

10. Cari Wifi dan Atur Mode Ponsel

Tentu tak asing lagi biaya yang tinggi penggunakan ponsel untuk menelpon ataupun berinternet saat berada di luar negeri. Oleh karena itu, manfaatkan semaksimal mungkin penggunaan internet dengan cara mencari wifi gratis, aktifkan airplane mode dan mematikan mobile data serta roaming tak lama setelah mendarat di negara tujuan.

Berikutnya adalah unduh peta yang dibutuhkan sesampainya di negara tersebut. Sehingga Anda bisa membukanya sewaktu-waktu tanpa harus terkoneksi dengan internet. Beli kartu prabayar di negara tujuan itu.

(ce1/mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up