alexametrics

BEI Sebut IHSG Aman dari Sentimen Pilpres 2019

20 Maret 2019, 19:52:16 WIB

JawaPos.com – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) optimistis kinerja pasar modal Indonesia tidak akan berpengaruh besar saat periode pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres) 2019 mendatang.

Direktur Utama BEI Inarno Djajadi mengatakan, hal tersebut berkaca dari tahun politik sebelumnya dimana Pilpres tidak menjadi sentimen terhadap kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

“Saya bukan peramal, tapi saya katakan empat pemilu terakhir, kita lihat bahwa korelasinya tidak terlalu banyak, jadi harapannya tahun ini insya Allah korelasi pemilu tidak terlalu banyak terhadap kinerja IHSG,” kata Inarno kepada wartawan dalam Lunch Meeting, Rabu (20/3).

Inarno memaparkan, jika melihat kondisi pemilu tahun lalu, sejak 2004, 2009, dan 2014 mencatatkan tren positif. Dari sisi penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO), juga tak terjadi penurunan jumlah selama pemilu.

Pada pemilu 2004 jumlah perusahaan IPO mencapai 12 perusahaan, lalu 2009 sebanyak 13 perusahaan dan di 2014 jumlah perusahaan listing 24 emiten.

Inarno mengatakan, tantangan pasar modal saat ini berasal dari faktor eksternal yang berasal dari lur negeri dimana isu The Fed, perang dagang antara Amerika Serikat (AD) dengan Tiongkok, hingga Brexit masih menjadi sorotan para investor.

“Itu tantangan kita ke depan, juga mengenai proyeksi perlambatan ekonomi global,” kata Inarno.

Sementara, Inarno menambahkan, sentimen domestik yang dicermati oleh para investor diantaranya kinerja keuangan emiten sepanjang 2018, kemungkinan kenaikan suku bunga Bank Indonesia (BI), hingga defisit transaksi berjalan.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri

Copy Editor :

BEI Sebut IHSG Aman dari Sentimen Pilpres 2019