alexametrics

BEI Kantongi 14 Calon Emiten yang Siap Melantai di Bursa

20 Maret 2019, 18:05:51 WIB

JawaPos.com – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan tengah membidik 14 perusahaan yang siap mencatatkan sahamnya di pasar modal. Dari perusahaan yang siap mencatatkan sahamnya di lantai bursa, terbanyak berasal dari sektor properti

“Kami sudah bertemu 37 underwriter, tetapi kami simpan dahulu informasinya. Yang sudah dalam pipeline ada 14 perusahan atau yang sudah ke Bursa,” kata Direktur BEI, I Nyoman Gede Yetna Setia di gedung BEI Jakarta, Rabu (20/3).

Menurutnya, dari total perusahaan di pipeline tersebut, ada lima perusahaan dari sektor properti, real estate dan konstruksi bangunan. “Selanjutnya ada empat perusahaan dari sektor perdagangan dan investment,” tuturnya.

Sementara itu, kata Nyoman, sebanyak dua perusahaan dari sektor infrastruktur dan transportasi. Sedangkan pada sektor industri dasar, konsumer dan keuangan masing-masing sebanyak satu perusahaan.

Nyoman menyampaikan, pada tahun ini BEI menargetkan sebanyak 75 perusahaan atau lebih tinggi dibandingkan realisasi di 2018 yang sebanyak 57 perusahaan yang mencatatkan saham di BEI.

“Kami berharap ada 75 pencatatan baru. Tentu itu tidak hanya saham, tetapi obligasi dan juga KIK-EBA,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama BEI, Inarno Djajadi menyatakan, pencatatan perdana saham di 2018 sebanyak 57 emiten merupakan pencapaian terbaik sejak privatisasi BEI. “Penambahan 57 listed company di 2018 itu luar biasa karena merupakan pencapaian tertinggi,” ujar Inarno.

Menurut Inarno, pencatatan perdana 57 saham tersebut merupakan yang terbanyak di Asean, namun secara nilai lebih besar Vietnam.

“Karena, di Vietnam ada BUMN-nya yang listing dengan kapitalisasi yang tinggi. Di Singapura, dalam enam tahun terakhir jumlah perusahaan yang listing menurun,” tandasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri

Copy Editor :

BEI Kantongi 14 Calon Emiten yang Siap Melantai di Bursa