JawaPos Radar

Hati-Hati Rupiah Masih Dibayangi Pelemahan

19/03/2018, 07:05 WIB | Editor: Mochamad Nur
Hati-Hati Rupiah Masih Dibayangi Pelemahan
Ilustrasi penukaran mata uang asing di money changer (DOK.ISSAK RAMADHAN/JAWAPOS.COM)
Share this image

JawaPos.com - Permintaan terhadap rupiah diprediksi mulai menurun dibanding sebelumnya yang cukup tinggi. Meski demikian, pergerakan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada awal pekan ini diperkirakan masih cenderung melemah.

Analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, pergerakan mata uang Paman Sam cenderung melemah seiring kondisi ekonomi dan politik di AS

“Diharapkan pelemahan dapat lebih terbatas untuk menjaga laju rupiah untuk tidak melemah lebih dalam,” ujarnya di Jakarta, Senin (19/3).

Reza menjelaskan, laju USD melemah di tengah masih adanya kekhawatiran akan terjadinya perang dagang dan kembali munculnya sentimen pergantian pejabat di pemerintahan Presiden Trump.

“Isu pergantian ini muncul seiring rencana Presiden Trump yang akan menggantikan Penasihat Keamanan AS,” tuturnya.

Menurutnya, pasar cenderung merespons negatif karena dikhawatirkan dapat mengganggu stabilitas politik AS. Namun demikian, tampaknya laju Rupiah tidak banyak berimbas.

Di sisi lain, meningkatnya permintaan akan JPY membuatnya terapresiasi meski diiringi pemberitaan skandal yang dilakukan PM Abe.

“Meski demikian, tetap cermati dan waspada jika terdapat pelemahan lanjutan. Rupiah diestimasikan akan bergerak dengan kisaran pada kisaran batas bawah (support) 13.777 dan batas atas (resisten) 13.439,” tandasnya.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up