alexametrics

Jaga Stabilitas Ekonomi RI, Sri Mulyani: Di Sini Ada CFO Terbaik Dunia

19 Februari 2019, 18:42:27 WIB

JawaPos.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku bahagia melalui 2018 dengan cukup baik. Pasalnya, tahun itu terjadi gejolak ekonomi global yang cukup mengganggu stabilitas. Namun, perekonomian dalam negeri mampu tetap tumbuh positif.

Hal itu tercermin dari defisit APBN hanya 1,76 persen lebih rendah dari perkiraan awal sebesar 2,19 persen. Angka ini jauh lebih kecil dibandingkan defisit tahun-tahun sebelumnya.

“Kami juga membelanjakan sama kuatnya (dengan penerimaan) 99 persen belanja dari rencana itu tercapai, itu adalah prestasi yang luar biasa. Belanja pendidikan, kesehatan, belanja modal, belanja daerah itu terlaksana semuanya. APBN kami tutup dengan sehat,” ujarnya di Gedung Direktorat Jenderal Pajak, Selasa (19/2).

Capaian itu membuatnya merasa cukup puas. Bahkan, dia melontarkan candaan jika direktur keuangan yang ada di perusahaan Indonesia belum tentu bisa melakukannya.

“Itu turunnya signifikan kalau dari nominal triliunnya. Saya yakin bapak ibu yang punya perusahaan mungkin CFO-nya tidak bisa melakukan itu. Tapi di sini ada CFO terbaik di dunia (Menkeu terbaik), katanya,” imbuh Sri Mulyani yang diikuti tepuk tangan peserta.

Dia mengatakan, saat ini APBN sudah dalam posisi yang sehat. Dia senang karena bisa melakukannya dalam waktu dua tahun sejak kepulangannya di Tanah Air.

“Saya mau sampaikan, saya kembali ke Indonesia 2016, lebih dari 2 tahun. Saya ingin laporkan ke Anda semua, kita sudah buat APBN sehat dan stabil. Ini artinya ekonomi kita tumbuh sehat, kuat, dan berkelanjutan,” pungkas mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Hana Adi

Copy Editor : Fersita Felicia Facette



Close Ads
Jaga Stabilitas Ekonomi RI, Sri Mulyani: Di Sini Ada CFO Terbaik Dunia