alexametrics

Penuhi Ketentuan Modal Inti OJK, Bank Sampoerna Siapkan Tiga Opsi

18 November 2021, 20:07:31 WIB

JawaPos.com – Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) menyiapkan 3 opsi dalam memenuhi ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait pemenuhan modal inti perbankan sebesar Rp 2 triliun pada akhir 2021. Total equitas Bank Sampoerna saat ini tercatat Rp 1,76 triliun.

Direktur Keuangan & Perencanaan Bisnis, Henky Suryaputra menyebutkan ketiga opsi yang disiapkan adalah mengundang investor strategis, penjajakan merger dengan bank lain, serta suntikan permodalan dari pemegang saham mayoritas.

Komposisi kepemilikan saham Bank Sampoerna saat adalah Grup Sampoerna Strategic melalui PT Sampoerna Investama (76,16%) dan Grup Alfa melalui PT Cakrawala Mulia Prima (16,92%). Sebesar 3,02%, 2,96% dan 0,94% kepemilikan dipegang berturut-turut oleh Abakus (Asia Pacific) Pte. Ltd, Sutan Agung Mulyadi dan Ekadharmajanto Kasih.

“Pilihan-pilihan ini telah disiapkan dan masih berproses. Intinya, kita siap memenuhi ketentuan modal inti yang telah ditetapkan OJK,” ujar Henky Suryaputra dalam diskusi virtual dengan  media online, Kamis (18/11).

Dia menyebutkan bahwa sejumlah calon investor baik dari dalam maupun luar negeri tengah melakukan penjajakan kemungkinan untuk masuk sebagai pemegang saham di Bank Sampoerna. “Namun, semuanya masih berproses karena untuk menyamakan visi kan tidak mudah. Jadi masih butuh waktu untuk melakukan penjajakan,” imbuh Surya.

Bukan itu saja, opsi merger juga tidak tertutup kemungkinan dilakukan perusahaan. “Sementara opsi ketiga adalah suntikan modal dari pemegang saham utama. Selama ini, pemegang saham komit memenuhi ketentuan permodalan yang ditetapkan,” katanya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads