JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tekanan Global Berkurang, Rupiah Bisa Lanjutkan Penguatan

17 Oktober 2018, 08:34:43 WIB
Tekanan Global Berkurang, Rupiah Bisa Lanjutkan Penguatan
Dolar AS (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Perdagangan nikai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang mulai menguat bisa menjadi peluang untuk kembali melanjutkan kenaikan seiring masih adanya sejumlah sentimen positif.

Analis CSA Research Institute Reza Priyambada berharap, tekanan global dapat lebih berkurang sehingga berimbas pada berbalik turunnya USD dan membuat Rupiah berkesempatan untuk kembali menguat.

“Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 15.210-15.188,” ujarnya Rabu (17/10).

Reza menjelaskan, laju Rupiah terlihat mengalami kenaikan tipis meski pergerakan USD cenderung masih meningkat di pasar valas Asia seiring pelemahan yen Jepang.

“Masih adanya kekhawatiran akan potensi meningkatnya ketegangan antara AS dan Arab Saudi membuat risk appetite investor meningkat dan cenderung memegang USD,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, beberapa rilis data ekonomi AS masih menjadi perhatian pelaku pasar dimana berimbas pada kenaikan imbal hasil obligasi AS dan berimbas pada kenaikan USD.

“Adanya sentimen dari disetujuinya asumsi Rupiah di 2019 sebesar Rp15.000 dan penilaian pagelaran Asian Games dapat menyumbang 0,05 persen terhadap GDP turut memberikan sentimen positif pada Rupiah,” tandasnya.

Editor           : Saugi Riyandi
Reporter      : (mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini