alexametrics

Selama Pandemi, Investor Aset Kripto Dilaporkan Tumbuh Pesat

16 Agustus 2021, 20:54:10 WIB

JawaPos.com – Sepanjang 2021 dan selama pandemi Covid-19 terjadi, Indonesia dilaporkan mengalami pertumbuhan investasi kripto tertinggi sepanjang sejarah. Pertumbuhan pesat ini disebut turut dipengaruhi sejak pemerintah mengakui kripto sebagai aset komoditas perdagangan.

Pasar aset kripto disebut secara konsisten mencatatkan pertumbuhan yang positif, bahkan melebihi kecepatan pertumbuhan investor saham. Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat bahwa jumlah investor kripto mencapai 6,5 juta pengguna per Mei 2021, dengan total transaksi menembus Rp 370 triliun.

Jumlah tersebut lebih tinggi dari investor pasar modal yang baru berada di kisaran 4,5 juta per Februari 2021, menurut data BEI. Dengan makin meningkatnya minat investor terhadap aset kripto di Indonesia, Luno, platform perdagangan kripto terus berusaha untuk meningkatkan literasi dan edukasi seputar kripto.

Selain tepercaya dan telah terdaftar secara resmi di BAPPEBTI (Badan Pengatur Perdagangan Berjangka Komoditi), Luno juga terus memperbaiki platform dengan User Interface dan User Experience UI/UX agar setiap pengguna, termasuk masyarakat yang masih awam terhadap kripto, bisa menavigasi platform dengan mudah.

Tidak hanya di Indonesia, minat yang melonjak tajam terhadap aset kripto juga terjadi di berbagai belahan dunia. Pada bulan Maret 2021, rata-rata volume perdagangan untuk semua aset kripto di dunia mencapai USD 109 miliar per hari atau berkisar Rp 1,5 kuadriliun (Rp 1.500 triliun).

Bitcoin masih menduduki posisi pertama kripto yang paling laris di pasaran (59,5 persen). Diperkirakan bahwa total pemilik dompet blockchain untuk pembelian kripto di seluruh dunia mencapai 75 juta orang, menurut data Statista pada akhir Juli 2021.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads