alexametrics

Jelang Pilpres, IHSG Akan Dalam Tren Konsolidasi Tertekan

16 April 2019, 07:42:31 WIB

JawaPos.com – Pergerakan pasar saham Indonesia jelang pemilihan umum (pemilu) 2019 diperkirakan akan tertahan dalam pola konsolidasi wajar dengan kecenderungan melaju naik. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih punya berpeluang untuk melanjutkan proses penguatan.

Analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Suryawijaya, mengatakan pada perdagangan pekan yang pendek dan menjelang pemilihan umum presiden (pilpres) ini, laju IHSG tetap berpeluang melanjutkan penguatan.

“Sehari menjelang pilpres dan pekan yang pendek, kondisi ini dapat memberikan peluang terhadap pola pergerakan IHSG untuk tetap berada dalam rentang konsolidasi wajar,” kata William, di Jakarta, Selasa (16/4).

Menurutnya, sejauh ini peluang penguatan IHSG masih tetap besar, mengingat pada perdagangan kemarin mampu berbalik arah menguat sebesar 0,5 persen ke level 6.435.

“Potensi penguatan IHSG masih terlihat cukup besar di tengah kepastian yang mulai terbentuk,” ucap William.

Lebih lanjut dia menyatakan, IHSG memiliki support terdekat yang akan berupaya dipertahankan pada level 6.389, sedangkan target resisten terdekat yang berusaha ditembus ada di posisi 6.556. “Hari ini IHSG berpotensi menguat,” katanya.

Adanya potensi penguatan lanjutan pada laju IHSG hari ini, William merekomendasikan sembilan saham yang bisa dimainkan pelaku pasar, yakni:

1. PT Jasa Marga Tbk (JSMR)
2. PT Kimia Farma Tbk (KAEF)
3. PT Kalbe Farma Tbk (KLBF)
4. PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP)
5. PT Adhi Karya Tbk (ADHI)
6. PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI)
7. PT Pakuwon Jati Tbk (PWON)
8. PT AKR Corporindo Tbk (AKRA)
9. PT Astra International Tbk (ASII)

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri

Close Ads