alexametrics

Jokowi Ajak Perbankan Tangkap Momentum Pemulihan Ekonomi

15 September 2021, 16:19:09 WIB

JawaPos.com – Presiden RI Joko Wododo (Jokowi) bersyukur dunia usaha mulai menggeliat seiring dengan pembukaan pembatasan kegiatan ekonomi secara bertahap. Pemerintah secara hati-hati mulai membuka kegiatan ekonomi karena pelaku usaha menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.

“Upaya pembukaan ekonomi secara hati-hati ini dipatuhi bersama masyarakat dan dunia usaha sehingga ekonomi mulai menggeliat kembali,” ujarnya secara virtual, Rabu (15/9).

Jokowi memaparkan, pemerintah melakukan sejumlah uji coba dan mengizinkan pembukaan kegiatan ekonomi dengan protokol kesehatan yang ketat. Sebab, antara sektor kesehatan dan ekonomi harus berjalan beriringan.

Sehingga, pemberlakuan PPKM berlevel terus mengalami perubahan disetiap daerah sesuai dengan kondisi masing-masing wilayah. “Kriteria level 1 sampai dengan 4 dimaksudkan agar gas dan rem sesuai kondisi terkini,” ungkapnya.

Dengan mulai bangkitnya kegiatan ekonomi, Jokowi berharap dunia perbankan segera menyalurkan kredit untuk para pelaku usaha agar dapat melakukan ekspansi. Sebab, momentum pandemi menjadi waktu yang tepat untuk transformasi ekonomi Indonesia.

Selain itu, pengembangan ekonomi berkelanjutan, yakni ekonomi hijau dan ekonomi biru juga terus didorong. Dengan demikian, selain pemulihan ekonomi paska pandemi juga sekaligus tumbuh secara berkualitas, berkelanjutan, dan merata.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads