JawaPos Radar

Setelah Mayoritas Ditangan Indonesia, Freeport Masuk Bursa Indonesia?

15/07/2018, 10:07 WIB | Editor: Mochamad Nur
Setelah Mayoritas Ditangan Indonesia, Freeport Masuk Bursa Indonesia?
Ilustrasi Gedung Bursa Efek Indonesia (DOK.DERY RIDWANSAH/JAWAPOS.COM)
Share this image

JawaPos.com - PT Freeport Indonesia (PTFI) telah jatuh ke tangan Indonesia setelah proses divestasi saham 51 persen selesai. Proses divestasi sendiri telah memasuki tahapan penandatanganan pokok-pokok perjanjian atau Head of Agreement (HoA) terkait penjualan saham Freeport McMoran dan hak partisipasi Rio Tinto di PT Freeport Indonesia (PTFI) ke Inalum.

Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia IGD Nyoman Yetna Setia mengatakan, jajaran direksi BEI yang baru juga berharap agar PTFI pun dapat melantai dibursa nantinya melalui pencatatan saham perdanan (Initial Public Offering/IPO).

Menurutnya, jika Freeport juga mengatakan sahamnya di lantai bursa, maka kinerja Freeport sendiri akan lebih baik lagi karena akan lebih transparan dan diawasi oleh publik.

"Itu powerful banget kalau jadi perusahaan tercatat. Ada Self Regulatory Organization (SRO), ada pemegang saham beneran artinya secara kualitas dia meningkat," ujarnya seperti di beritakan, Minggu (15/7).

Bursa Efek Indonesia (BEI) berulang kali mengajak  perusahaan tambang raksasa asal Amerika Serikat (AS) tersebut juga melepas sahamnya di pasar modal tanah air lantaran telah mengeksploitasi sumber daya alam negara selama puluhan tahun.

"Yak sebenarnya itu yang kami harapkan, tapi kembali lagi apa yang sudah dilakukan terutama hubungan yang pernah dilakukan saya baca dulu, saya lihat dulu prosesnya, " tuturnya.

Sebagai informasi, PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum bersama dengan Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatangan Pokok-Pokok Perjanjian atau Head of Agreement (HoA) terkait penjualan saham Freeport McMoran dan hak partisipasi Rio Tinto di PT Freeport Indonesia (PTFI) ke Inalum.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up