alexametrics

Dolar Bangkit Kejutkan Investor, Perang Dagang Kembali Jadi Sorotan

15 Februari 2019, 10:34:29 WIB

JawaPos.com – Global Head of Currency Strategy & Market Research Forex Time Jameel Ahmad mengatakan, pemberitaan mengenai perdagangan antara AS – Tiongkok yang senyap menjadi pemicu utama para investor kembali memburu Dolar AS.

Hal lain yang mungkin memperkuat Dolar, kata Jameel, adalah keadaan ekonomi AS yang terus mengesankan. Pada saat yang sama, berbagai negara selain Amerika Serikat di pasar berkembang dan maju juga menghadapi risiko negatif di ekonomi masing-masing.

“Mereka yang lelah dengan berita trading yang ditarik-ulur mungkin cenderung mengarahkan pikirannya ke kembalinya divergensi ekonomi dan bank sentral antara Amerika Serikat dan hampir seluruh wilayah lainnya. Ini jelas mendukung apresiasi Dolar,” ujarnya seperti diberitakan Jumat (15/2).

Jameel mengamankan, agar para investor memperhatikan data perekonomian AS dan dampak yang mengarah pada kebijakan suku bunga. 

“IHK Januari AS pekan ini akan menjadi titik uji berikutnya terhadap dependensi data Fed. Setelah itu, perhatian akan tertuju pada rilis hasil rapat 30 Januari FOMC di pekan depan yang berpotensi memberi isyarat mengenai apa yang mendorong perubahan arah Fed belum lama ini,” tuturnya.

Menurutnya, posisi kebijakan suku bunga AS saat ini akan memungkinkan bank sentral lainnya menghentikan sementara pengetatan kebijakan moneter di negara masing-masing. 

“Karena bank sentral di seluruh dunia akan mempertahankan suku bunga atau cenderung melonggarkan, investor semakin tidak tertarik untuk melepas Dolar,” imbuhnya.

 

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads
Dolar Bangkit Kejutkan Investor, Perang Dagang Kembali Jadi Sorotan