JawaPos Radar

Tips Sederhana Sebelum Pinjam Uang di Bank Agar Lebih Tepat

13/09/2018, 09:40 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Tips Sederhana Sebelum Pinjam Uang di Bank Agar Lebih Tepat
Penukaran uang rupiah (Issak Ramdhani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kebutuhan dan keinginan merupakan kedua hal yang sangat berkaitan erat, terkadang seseorang masih belum bisa membedakan antara kebutuhan dengan keinginan nya, sehingga hal tersebut pula yang mengakibatkan penghasilan yang didapatkan selalu dirasa tidak pernah cukup.

Dengan semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi memang membuat seseorang pada akhirnya memutuskan untuk berutang. Apalagi jika kebutuhan tersebut termasuk ke dalam sebuah kebutuhan dana yang cukup besar. Sehingga mau tidak mau meminjam ke bank dijadikan sebagai salah satu solusi terbaik.

Meminjam uang atau berutang pada bank memang terlihat seperti perihal yang sepele dan sangat biasa dilakukan, tapi apakah Anda tahu, bahwa sebelum Anda berniat untuk melakukan pengajuan pinjaman uang ada beberapa hal yang harus diketahui untuk dipertimbangan terlebih dahulu. Apalagi dengan meminjam uang pada bank, berarti Anda sudah siap untuk menerima semua ketetapan dan juga peraturan yang sudah ditentukan, nah untuk itu berikut ada tips sederhana mengenai beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan pinjaman uang ke bank. Diantaranya:

1. Memperhitungkan Pendapatan dengan Pengeluaran

Saat memutuskan untuk melakukan pinjaman ke bank, biasanya bank akan menawarkan berbagai produk pinjaman andalannya, salah satunya adalah produk KTA yang merupakan produk yang paling difavoritkan setiap bank dan juga para nasabahnya. Pinjaman ini memang lebih banyak dipilih karena merupakan pinjaman yang persyaratannya cukup mudah, apalagi sebagai nasabah Anda pun tidak membutuhkan agunan yang akan dijaminkan ke bank.

Tapi yang menjadi pertanyaannya, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pengajuan pinjaman, apakah Anda sudah memperhitungkan antara pendapatan dan juga pengeluaran nantinya? karena yang namanya pengeluaran hutang tidak boleh melebihi dari 30%. Untuk itu sebaiknya pikirkan terlebih dahulu, jika Anda masih tetap ingin melakukan pinjaman, sebaiknya batasi juga jumlah pinjaman agar nantinya saat proses pengembalian tidak terlalu menyulitkan diri Anda.

2. Bunga Pinjaman

Setiap bank pasti menggunakan system bunga untuk masa pengembalian hutang setiap nasabahnya, untuk itu sebelum anda berniat melakukan pengajuan kredit sebaiknya banyak mencari informasi mengenai sistem bunga yang dipakai oleh bank tersebut. Hal ini juga bisa membuat Anda mempertimbangkan bunga dari satu bank ke bank lainnya, serta bisa melihat gambaran dengan jelas mengenai jumlah pinjaman dan cicilan yang harus anda bayarkan tiap bulannya.

3. Mengetahui Berbagai istilah yang Digunakan Bank

Sebelum melakukan pinjaman ke bank, cobalah untuk mencari informasi mengenai berbagai istilah yang seringkali digunakan oleh bank, seperti contohnya saja fixed variable rate atau juga annual fee sampai dengan menghitung biaya cicilan yang harus Anda bayarkan tiap bulannya.

Dengan mengetahui berbagai istilah dan juga informasi sebanyak mungkin, tentunya akan lebih memudahkan Anda saat pihak bank menjelaskan mengenai berbagai produk dan juga penawaran yang diberikan. Anda juga bisa lebih banyak bertanya jika ada beberapa hal yang belum Anda mengerti dan pahami dengan jelas. Hal ini juga guna menghindari kesalahpahaman di antara nasabah dan pihak bank pada akhirnya.

4. Membandingkan Produk Bank

Sebelum melakukan pengajuan pinjaman, ada baiknya juga Anda mencari berbagai informasi mengenai bank-bank yang memiliki produk pinjaman kredit serupa. Misalnya bila Anda ingin mengajukan pinjaman lewat bank-bank swasta seperti Maybank atau Standard Chartered. Anda juga bisa mencari di antara bank yang memberikan bunga paling kecil, atau juga yang memberikan biaya lainnya yang paling rendah, karena seperti kita ketahui, saat melakukan pinjaman ke bank pastinya ada beberapa biaya yang harus dikeluarkan untuk masalah administrasi dan juga hal lainnya.

5. Masa Tenor Pinjaman

Umumnya kebanyakan nasabah yang meminjam dana pinjaman cukup besar akan mengambil masa tenor yang cukup panjang, padahal hal tersebut tentunya akan membuat bunga dari pinjaman tersebut pun semakin besar. Untuk itu sebelumnya sesuaikan terlebih dahulu masa jangka waktu pembayaran yang akan Anda ambil.

Semakin pendek jangka waktu pembayaran yang anda ambil tentunya bunga yang dibayarkan akan semakin kecil, untuk itu akan lebih baik mengambil masa tenor yang lebih pendek, karena semakin panjang masa tenor, akan semakin besar pula biaya yang harus Anda bayarkan agar bisa mendapatkan pinjaman tersebut.

6. Membuat daftar pengeluaran

Sebelum melakukan pinjaman, petimbangkan terlebih dahulu mengenai kebutuhan dan juga keinginan anda. jika meminjam uang di bank memang sangat perlu dilakukan karena hal yang mendesak, mungkin bisa menjadi alasan yang sangat tepat. Namun jika alasan Anda meminjam uang ke bank hanya untuk liburan atau membeli tas keluaran terbaru, sebaiknya pikirkan secara matang lagi. Sehingga memang dibutuhkan yang namanya membuat daftar pengeluaran yang dikeluarkan setiap bulannya, hal ini juga bisa lebih megatur kondisi keuangan Anda

(srs/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up