alexametrics

Sentimen Positif Indeks Dorong Aset Mata Uang, Rupiah Bisa Ketularan

13 Juli 2020, 12:17:24 WIB

JawaPos.com – Perdagangan nilai tukar mata uang Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat tipis seiring dengan kenaikan aset investasi berisiko seperti saham. Mengutip kurs tengah Bank Indonesia (BI), Senin (13/7), saat ini posisi Rupiah berada di level 14.486.

Kepala Riset PT Monex Investindo Futures Ariston Tjandra mengatakan, aset berisiko terlihat menguat dengan kenaikan indeks saham Asia mengikuti sentimen positif penguatan indeks saham AS dan Eropa akhir pekan lalu karena potensi pemulihan ekonomi di tengah pandemi. “Rupiah juga mungkin akan ikut menguat hari ini mengikuti sentimen positif tersebut,” ujarnya dalam pesan singkatnya, Senin (13/7).

Di sisi lain, lanjutnya, pelaku pasar juga masih memperhatikan perkembangan penularan Covid-19 yang terus meninggi yang dikhawatirkan akan melambatkan kembali pemulihan ekonomi. Sebab, pada hari Minggu kemarin, WHO melaporkan kenaikan penularan global tertinggi dalam 24 jam sebesar 230 ribu lebih.

Isu penularan Covid-19 ini bisa memberikan tekanan kembali ke aset berisiko termasuk Rupiah. “Dengan potensi penguatan ke arah 14.350 dan potensi resisten di 14.500,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads