JawaPos Radar | Iklan Jitu

Berencana Jual DLTA, Ini Potensi Dana yang Bisa Digaet Pemprov DKI

13 Maret 2019, 17:23:46 WIB
Berencana Jual DLTA,  Ini Potensi Dana yang Bisa Digaet Pemprov DKI
Ilustrasi Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta (DOK.DERY RIDWANSAH/JAWAPOS.COM)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana melepas kepemilikan sahamnya di PT Delta Jakarta, perusahaan minuman yang telah listed di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penjualan saham diyakini akan lebih bermanfaat karena dinilai akan mengoptimalkan pemanfaatan dana yang akan untuk kepentingan masyarakat.

"Saya meyakini penjualan saham PT Delta Djakarta milik Pemprov DKI akan lebih bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Dana hasil penjualan bisa dimanfaatkan untuk program-program yang mendukung pengembangan ekonomi kerakyatan, ujar Inggard Joshua, pemerhati masalah kemasyarakatan kepada JawaPos.com, Rabu (13/3).

Menurutnya, pelepasan penjualan saham milik Pemda DKI di PT Delta Djakarta akan lebih bermanfaat. Uang hasil pelepasan saham, katanya, bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat Jakarta.

Berencana Jual DLTA,  Ini Potensi Dana yang Bisa Digaet Pemprov DKI
Pemerhati Kemasyarakatan Inggard Joshua (Istimewa)

Inggard yang kini maju dari Partai Gerindra untuk pemilihan DPRD Jakarta ini mengungkapkan banyak manfaat dari penjualan saham itu. Selain dananya bisa digunakan untuk menambah pembangunan di sektor pendidikan dan kesehatan. Hasil divestasi itu juga bisa digunakan untuk peningkatan sektor ekonomi mikro dengan membangun UMKM yang bisa membuka lapangan pekerjaan.

Menurutnya, hanya dengan mengharapkan dividen, tidak sebanding dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang mencapai lebih dari Rp 80 triliun.“Saya sarankan dilepas saja karena kalau hanya menghadapkan dividen pertahun dari PT Delta Djakarta itu kecil. ” imbuhnya.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjelaskan alasan melepas saham Bir PT Delta Djakarta Tbk yang dimiliki Pemprov sebesar 26,25 persen. Pada penutupan perdagangan hari ini, Rabu (13/3), saham PT Delta Djakarta ditutup di level Rp 6.700 per lembar saham. Mengacu nilai pasar hari ini, maka Pemprov berpotensi meraih hasil divestasi sekitar Rp 1,4 triliun dari total saham yang dimiliki.

Inggard mengingatkan yang terpenting divestasi saham dilakukan secara transparan dengan mengikuti proses divestasi yang berlaku di pasar modal . "Kalau divestasi disetujui, prosesnya harus dilakukan secara transparan sehingga bisa dipertanggungjawabkan baik dalam proses penjualan hingga pemanfaatan dananya," pintanya.

Editor           : Mohamad Nur Asikin
Reporter      : Romys Binekasri

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini