alexametrics

3 Tips Penting Persiapkan Dana Darurat

13 Maret 2019, 12:40:13 WIB

JawaPos.com – Persiapan dana darurat sering tidak pernah terpikirkan oleh sebagian besar masyarakat. Padahal, dana darurat sangat penting mengingat kita tidak dapat memperkirakan peristiwa yang tidak diinginkan dapat saja terjadi.

Founder and CEO Finansialku Melvin Mumpuni mengatakan, dana darurat adalah instrumen keuangan yang harus disiapkan paling awal, baik bagi individu ataupun keluarga.

Fungsi utama dari Dana darurat adalah sebagai dana utama yang digunakan dalam keadaan mendesak atau genting, untuk mencukupi berbagai kebutuhan dasar atau pengeluaran rutin bulanan.

Melvin memberikan tiga tips untuk mempersiapkan dana darurat ;

1. Tentukan jumlah dana darurat.

Jumlah dana darurat yang ideal untuk lajang adalah 6 kali dari pengeluaran bulanan, 9 kali untuk yang sudah menikah dan 12 kali untuk yang sudah menikah dan memiliki anak.

2. Suksesnya pengumpulan dana darurat adalah dengan terus memonitor dana darurat yang telah terkumpul. Dana darurat yang kita miliki juga harus sejalan dengan kenaikan harga-harga kebutuhan dasar.

3. Pemilihan instrumen yang tepat untuk menyimpan dana darurat.

Dana darurat harus disimpan pada produk keuangan yang mudah diuangkan serta memiliki tingkat resiko rendah.

“Salah satu instrumen yang bisa dipilih untuk menyimpan dana darurat adalah Emas 24 Karat. Hindari menyimpan dana darurat dalam bentuk perhiasan, karena nilai jualnya akan dikurangi oleh biaya produksi dan juga desain perhiasan tersebut,” tuturnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Romys Binekasri

3 Tips Penting Persiapkan Dana Darurat