JawaPos Radar

BNI Permudah Kucuran Dana KUR Untuk Mitra Gofood

13/03/2018, 17:35 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
BNI GoPay GoFood
CEO GoPay Aldi Haryopratomo (ketiga dari kiri) bersama SEVP Teknologi Informasi BNI, Dadang Setiabudi saat konferensi pers kerja sama GoPay dengan BNI di Jakarta, Selasa (13/3). (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Bank Negara Indonesia (BNI) menjalin kerja sama dengan GoPay hari ini (13/3). Kerja sama tersebut dimaksudkan untuk mempermudah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan akses kredit murah atau Kredit Usaha Rakyat (KUR).

GoPay yang tidak lain adalah salah satu dari ekosistem Gojek, menyediakan jasa pembayaran elektronik. Gopay sendiri juga bekerja sama dengan merchant atau mitra UMKM yang kebanyakan dari sektor usaha kuliner melalui GoFood.

CEO GoPay Aldi Haryopratomo mengungkapkan, ada tantangan dalam penyaluran KUR dari sisi perbankan maupun pelaku UMKM itu sendiri. "Perbankan memiliki tantangan dalam penentuan target sasaran UMKM yang tepat, mana yang ingin dituju, mana yang ingin diberikan pinjaman, dan sebagainya," jelasnya di konferensi pers yang di gelar di Jakarta, Selasa (13/3).

BNI GoPay GoFood
CEO GoPay Aldi Haryopratomo (kedua dari kanan) di acara konferensi pers kerjasama GO-PAY dengan BNI di Jakarta, Selasa (13/3). (Rian Alfianto/JawaPos.com)

"Dari sisi UMKM juga demikian, mereka banyak menemukan kendala pada kemudahan akses pinjaman dana KUR," imbuh Aldi.

Dia menambahkan, permasalahan tersebut mungkin muncul karena adanya sejarah transaksi UMKM pada akses pinjaman yang belum tercatat dengan baik. Sehingga, perbankan ragu dalam memberikan pinjaman terkait pengembalian dana nantinya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan BNI Catur Budi Hartono menyambut baik kerja sama dengan GoPay tersebut. "Dengan memanfaatkan data transaksi GoPay, BNI bisa lebih mudah dalam menentukan pelaku UMKM mana yang bisa memperoleh pinjaman," katanya.

"Pada tahap awal, KUR hanya dapat dicairkan sebagai kredit modal kerja (KMK) dengan metode repayment angsuran," sambung Catur.

Tahap pertama program ini akan menyasar mitra Gofood yang ada di empat kota, yakni Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Malang. Mitra akan mendapatkan penawaran untuk memperoleh akses KUR dari BNI dengan plafon kredit maksimal hingga Rp 25 juta.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up