Ternyata Ini Alasan Jepang Tertarik Kembangkan Bitcoin di Indonesia

12/09/2018, 16:23 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Ilustrasi mata uang kripto Bitcoin (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Indonesia melalui Perkumpulan Pemerhati Blockchain & Bitcoin Indonesia menggaet asosiasi International Cryptocurrency Promotion Organization (ICCPO) Jepang untuk pengembangan sistem pembayaran virtual atau mata uang kripto.

Ketua ICCPO Eisuke Kawamoto mengungkapkan, ada ketertarikan khusus yang membuat Negeri Samurai mau bekerja sama mengembangkan mata uang kripto. Pertama, Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia yang melimpah dinilai sebagai potensi besar untuk mengembangkan bisnis mata uang kripto.

"Tentu itu bisa dikembangkan untuk kemajuan negara," ujarnya di Grand Sahid, Jakarta, Rabu (12/9).

Selain itu, Jepang juga menilai pengembangan blokchain di Tanah Air dapat mendorong upaya-upaya pemanfaatan teknologi. Salah satu bentuknya, menurut dia, adalah pencegahan korupsi yang kerap dilakukan para birokrat.

"Banyak potensi sumber daya alam kita yang bisa dikembangkan untuk kemajuan negara kita. Selama ini ada hal-hal terjadi seperti banyak korupsi, dengan blokchain ini banyak potensi yang bisa dikembangkan dengan baik," kata dia.

"Dengan sistem ini orang akan melihat blokchain adalah kemajuan teknologi yang tidak bisa dibendung," tambahnya.

Selain itu, dia juga berharap kerja sama ini dapat mendorong perekonomian Indonesia melalui pemanfaatan teknologi blokchain.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi