JawaPos Radar

Indonesia dan Jepang Kerja Sama Pengembangan Mata Uang Kripto

12/09/2018, 13:47 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Indonesia dan Jepang Kerja Sama Pengembangan Mata Uang Kripto
Perkumpulan Pemerhati Blockchain & Bitcoin Indonesia menjalin kerja sama dengan asosiasi International Cryptocurrency Promotion Organization Jepang (Hana Adi/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Perkumpulan Pemerhati Blockchain & Bitcoin Indonesia menjalin kerja sama dengan asosiasi International Cryptocurrency Promotion Organization Jepang dalam pengembangan sistem pembayaran virtual atau mata uang kripto.

Istilah Cryptocurrency atau Bitcoin lebih dikenal dengan istilah teknologi Blockchain, yaitu teknologi yang diklaim mempunyai tingkat security yang tinggi.

Ketua Asosiasi Perkumpulan Pemerhati Blokchain & Bitcoin Indonesia, Erwin Hadiyanto mengatakan, kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi yang baik bagi Indonesia.

Menurut dia, melimpahnya sumber daya alam (SDA) di Tanah Air memberikan potensi besar dalam mengoptimalkan peningkatan ekonomi.

"Dengan kerja sama ini akan memberikan dampak ekonomi yang baik bagi Indonesia sehubungan dengan banyaknya SDM di Indonesia yang bisa dimanfaatkan dengan sistem mutakhir ini yang tidak bisa dicegah keberadaannya. Dengan kerja sama ini mudah-mudahan kedepannya jadi lebih baik," ujarnya di Hotel Sahid, Jakarta, Rabu (12/9).

Sementara itu, Ketua ICCPO Eisuke Kawamoto juga mengatakan hal senada. Menurut dia, SDA yang melimpah serta pertumbuhan ekonomi yang baik mendorong Jepang untuk mengembangkan mata uang kripto.

"Karena sumber daya ada banyak di Indonesia. Kemudian pertumbuhan ekonominya juga baik dibanding Jepang," tuturnya.

Saat ini, diperkirakan ada 10 juta pengguna Bitcoin di seluruh dunia. Dari total tersebut, sebanyak 60 persen ada di Jepang.

Bitcoin itu sendiri pertama kali di perkenalkan oleh Satoshi Nakamoto sekitar tahun 2008-2009. Mata uang virtual itu menawarkan transaksi keuangan secara digital.

Adapun kerja sama ini juga diharapkan untuk mempelajari sekaligus menambah pengetahuan tentang pengelolaan cryptocurrency atau Bitcoin yang selama ini telah dilakukan.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up