alexametrics

OJK: Aturan DP 0 Persen Rangsang Pertumbuhan Leasing, Bukan Kemacetan

12 Januari 2019, 11:29:26 WIB

JawaPos.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai, kebijakan pelonggaran ketentuan uang muka atau DP pembelian kendaraan bermotor pada nol persen dari harga jual tidak akan menimbulkan kemacetan.

Seperti diketahui, hal ini tertuang dalam Peraturan OJK Nomor 35/POJK.05/2018 Tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan.

Banyak pendapat bahwa dengan adanya DP nol persen kendaraan maka akan menimbulkan pemintaan kendaraan yang akan berimbas pada kemacetan. Menurut Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, kebijakan tersebut dilakukan hanya untuk memberikan stimulus perusahaan pembiayaan menjadi lebih sehat atau tumbuh lebih baik.

“Artinya ini kan ekonomi harus rolling. Ekonomi itu harus tumbuh, ekonomi itu tumbuh kalau ekonomi berjalan,” ujarnya di Ritz Carlton Pasific Place Jakarta, Jumat (11/1) malam.

Disamping itu, dampak dari pertumbuhan industri pembiayaan tersebut juga akan berdampak pada stabilitas ekonomi nasional. Di sisi lain, permasalahan kemacetan yang sering terjadi di kota-kota besar dapat diatasi dengan transportasi publik. Pasalnya, saat ini pemerintah pun tengah gencar membangun berbagai fasilitas transportasi publik yang nyaman untuk masyarakat perkotaan.

“Kemacetan betul harus diatasi. Tapi kemacetan itu mengatasinya tentunya dengan transportasi yang lebih bagus dengan public transportation,” tuturnya.

Dengan kualitas transportasi publik yang memadai, lanjutnya, akan membuat masyarakat lebih tertarik menggunakan transportasi umum dibandingkan pribadi.

“Semua orang merasa nyaman dan semua orang menggunakan transportasi publik, meskipun punya motor, enggak pernah dipakai,” pungkasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads
OJK: Aturan DP 0 Persen Rangsang Pertumbuhan Leasing, Bukan Kemacetan