JawaPos Radar

BI Soal Rupiah: Masih Dalam Batas Fundamentalnya!

10/10/2018, 10:03 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
BI Soal Rupiah: Masih Dalam Batas Fundamentalnya!
Ilustrasi mata uang rupiah dan dollar AS. (DERY RIDWANSAH/JAWAPOS.COM)
Share this

JawaPos.com - Nilai tukar rupiah mulai kembali menguat. Data Bloomberg mencatat Rupiah hari ini, Rabu (10/10) dibuka menguat 0,13 persen menjadi Rp 15.217 per USD. Pada Selasa (9/10) kemarin kurs tengah Bank Indonesia (BI) mencatat rupiah berada di level Rp 15.233 per USD.

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo disela-sela acara pertemuan internasional IMF-WB 2018 di Nusa Dua Bali mengatakan nilai tukar Rupiah bergerak pada fundamentalnya.

"Kita masih lihat pergerakan rupiah secara dinamis terjadi di pasar. Itu tetap dalam batas fundamental kita," kata Doddy, Rabu (10/10).

BI Soal Rupiah: Masih Dalam Batas Fundamentalnya!
Ilustrasi Gedung Bank Indonesia (Dok.JawaPos.com)

Dia menegaskan bahwa bank sentral dan pemerintah tidak akan diam terhadap dinamika nilai tukar. Sejumlah langkah sudah disiapkan meski hari ini mengalami perbaikan.

"Kita lakukan secara kombinasi dari optimalisasi dengan cadev dan gradual depreciaton. Jadi kita lakukan," tuturnya.

Terkait Pertemuan Tahunan IMF-WB 2018 yang sedang berlangsung saat ini, diharapkan bisa menemukan solusi dari berbagai permasalahan ekonomi global yang turut berdampak terhadap keperkasaan dolar AS.

"Tapi yang sedikit berbeda semua lembaga internasional berkumpul di sini untuk mencari solusi mungkin bukan solusi yang kuat tapi understanding bersama," tandasnya.

(hap/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up