alexametrics

Usai Libur Panjang Lebaran, IHSG Ditutup Menguat 1,3 Persen

10 Juni 2019, 17:09:38 WIB

JawaPos.com – Perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari pertama pasca libur panjang cuti bersama hari raya Idul Fitri 1440 H masih melanjutkan uptren. Setelah libur sepekan, IHSG kembali ditutup menguat 80,49 poin atau naik 1,3 persen ke level 6.289 pada Senin (10/6).

Pada perdagangan saham Senin (10/6), total transaksi tercatat sebesar Rp 12,75 triliun dan sebanyak 15,89 miliar lembar saham berpindah kepemilikan.

Sebelum libur panjang lebaran atau Jumat (31/5), indeks komposite juga telah ditutup menguat 205,01 poin atau naik 1,72 persen ke level 6.209. Pada hari terakhir perdagangan itu, sebanyak 15,234 miliar saham telah berpindah kepemilikan dengan nilai transaksi mencapai Rp 10,80 triliun.

Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Utama mengatakan trend positif perdagangan saham pada hari ini banyak dipengaruhi oleh stabilitas fundamental makroekonomi domestik yang inklusif dan berkesinambungan. Menurutnya, itu telah memberikan sentimen positif domestik kepada investor.

Di sisi lain, kata dia, para pelaku pasar juga mengapresiasi penetapan S&P yang telah menaikkan rating outlook ekonomi Indonesia dari BBB- menjadi BBB. Artinya, Indonesia saat ini merupakan negara yang di atas layak untuk investasi.

“International Institute for Management Development (IMD) juga memberikan peringkat daya saing Indonesia yang semula berada pada posisi 43 menjadi posisi 32,” kata Nafan kepada JawaPos.com, Senin (10/6).

Selain faktor tersebut, kata Nafan, data makroekonomi domestik seperti data inflasi yang melebihi ekspektasi juga memberikan katalis positif untuk IHSG. Sedangkan dari internasional, Indonesia memasuki era di mana sejumlah bank sentral di berbagai negara berencana untuk menurunkan suku bunga acuan sebagai antisipasi perlambatan pertumbuhan ekonomi.

“Hal-hal inilah yang sangat diapresiasi oleh para pelaku pasar sehingga memberikan katalis positif bagi penguatan pada IHSG maupun rupiah pada hari ini,” pungkasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Igman Ibrahim