alexametrics

Menabung Tak Perlu Datang ke Bank, Cukup Lewat Genggaman

10 Mei 2019, 18:04:31 WIB

JawaPos.com – Era digital mendorong sektor perbankan terus melakukan inovasi produk. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas keuangan dan perbankan cukup lewat platform produk digital terbaru besutan Amar Bank, Nabungyuk.com.

Nabungyuk.com merupakan platform dan inovasi dari Amar Bank dalam menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat di era digital yang siap memberikan pelayanan digital untuk produk simpanan seperti tabungan dan deposito. Platform ini secara resmi dirilis pada 15 April 2019 lalu.

Kini hanya dengan mengakses satu platform, masyarakat dapat mulai melakukan perencanaan keuangan dan berinvestasi melalui produk tabungan yang memberikan berbagai manfaat dengan keunggulan aman, cepat, dan bunga yang kompetitif. Melalui Nabungyuk.com, siapa pun dapat dengan mudah membuka rekening tanpa harus datang ke kantor cabang atau Kantor Kas. Selain itu, Amar Bank juga memberikan akses ke layanan perbankan melalui Tunaiku untuk kredit.

“Kami berharap platform ini dapat memudahkan masyarakat mengakses layanan jasa perbankan (inklusi finansial) dan juga membantu perekonomian masyarakat untuk terus tumbuh. Ke depannya, kami menargetkan Nabungyuk.com dapat bertumbuh seperti halnya Tunaiku,” kata Managing Director Amar Bank Vishal Tulsian di sela pembukaan Kantor Kas di Jalan Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, dalam keterangan tertulis.

Tak hanya lewat platform, dengan membuka Kantor Kas baru, Amar Bank bagian dari produk financial technology (fintech) Tunaiku, terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan layanannya bagi masyarakat. Pembukaan Kantor Kas ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk lebih mendekatkan Amar Bank dengan masyarakat.

Ekonomi dan Keuangan Regional yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) pada bulan Februari 2019, Pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta pada tahun 2018 tercatat sebesar 6,17% (yoy). Meskipun tumbuh cukup tinggi di atas 6%, realisasi tersebut sedikit di bawah tahun 2017 yang mencatat pertumbuhan 6,20% (yoy).

Dari sisi kesejahteraan, momentum pertumbuhan ekonomi Jakarta dengan kisaran yang cukup tinggi memberikan dampak positif terhadap tingkat pendapatan masyarakat yang semakin baik. Sehingga, hal ini membuka peluang bank untuk mencapai target penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK).

Jika dilihat dari komposisinya, DPK DKI Jakarta masih didominasi oleh Deposito, dengan proporsi sebesar 53%. Posisi selanjutnya adalah giro sebesar 30% dan tabungan (17%). Komposisi ini relatif tidak berubah dalam beberapa tahun terakhir.

“Melihat pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta yang cukup stabil dari tahun ke tahun dan meningkatnya pendapatan masyarakat, kami optimis memicu pertumbuhan Amar Bank untuk meraih target penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK). Kantor Kas adalah salah satu realisasi target di tahun 2019 dengan fungsi khusus untuk menghimpun Dana Pihak Ketiga (DPK) dari masyarakat,” tandasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Marieska Harya Virdhani