alexametrics

5 Jenis Investasi Ini Cocok Buat Emak-emak

9 November 2018, 15:45:08 WIB

JawaPos.com – Meski tidak bekerja sebagai wanita karir, ibu rumah tangga juga perlu berinvestasi. Jika sudah dapat memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari, ibu-ibu bisa mengelola kelebihan dana ke beberapa investasi berikut:

1. Emas Perhiasan

Biasanya ibu-ibu lebih suka melakukan investasi emas perhiasan, hal ini selain dijadikan instrumen investasi, emas perhiasan juga bisa digunakan dalam acara atau momen tertentu yang akrab dengan kegiatan ibu-ibu.

Misalnya arisan, kondangan atau menghadiri acara-acara penting lainnya. Akan tetapi yang ibu-ibu harus tahu, sebetulnya investasi emas perhiasan merupakan investasi jangka panjang. Hal ini karena harga emas yang fluktuatif, kalau mengharapkan keuntungan harus menunggu waktu yang cukup lama, mungkin lima atau sepuluh tahun mendatang.

Selain itu, emas perhiasan juga memerlukan komponen biaya-biaya lain di luar harga emas itu sendiri ketika ibu hendak menjualnya. Seperti biaya administrasi toko, biaya jual yang biasanya dikenakan tiap gramnya. Hal ini semakin menggerus nilai emas itu sendiri.

2. Emas murni logam mulia

Meski sama-sama logam mulia, namun investasi di perhisasn dan emas murni memiliki nilai yang berbeda. Emas murni biasanya di beli batangan dan dijual sesuai dengan berat tententu. 

Beratnya dimulai dari 0,5 gram sampai 1 kg. Meski memiliki nilai yang lebih pasti mengikuti aturan penjual seperti antam, cikini gold dll dan harga emas dunia, tetapi ibu-ibu harus memiliki wadah atau tempat penyimpanan khusus yang aman apalagi jika hendak membeli dalam jumlah banyak.

3. Saham

Investasi ini lebih baru dibandingkan dengan investasi jenis pertama. Investasi saham memberikan return yang lebih tinggi dibandingkan emas. Tentu saja, sebab aktivitas industri lebih tinggi sehingga laba atau return yang dihasilkan termasuk jenis aktif. 

Makin bagus kondisi perusahaan, yang sahamnya anda beli maka dapat dipastikan deviden yang dibagikan juga besar. Kecermatan melihat pasar harus diperhatikan dalam model investasi ini. Selain memberi return yang tinggi, tentunya investasi ini juga memiliki risiko yang tinggi.

Ibu-ibu juga memilih produk-produk investasi yang menghasilkan cash flow bulanan, seperti ORI (Obligasi Ritel Indonesia), Sukri (Sukuk Ritel), SBR (Saving Bond Ritel) dan produk investasi berbasis surat utang. Jangan lupa, cari informasi dan pelajari terlebih dahulu apakah suatu investasi dijamin oleh sebuah lembaga tertentu atau tidak.

4. Reksadana

Berbeda dengan saham, reksadana bersifat lebih low ekstrem. Model investasi ini bisa dijadikan rujukan bagi ibu-ibu investor pemula. Ibu tidak perlu khawatir bagaimana cara mengelola reksa dana tersebut karena ada Manajer Investasi yang akan mengelola uang ibu.

Pilihan investasi ini dapat dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar, antara Rp 200 ribu hingga 1 juta. Kini makin banyak bank yang menyediakan pelayanan reksadana. Prinsip kerja reksa dana adalah menitipkan uang kepada manajer investasi untuk melakukan investasi di perusahaan yang memiliki laba positif.

Hal yang perlu dilakukan adalah duduk manis dan menunggu kabar hasil investasi reksa dana tersebut. Tetapi jika belum puas dengan mengandalkan orang lain, belajarlah sedikit demi sedikit mengenai kiat-kiat berinvestasi. Dengan begitu di kemudian hari Anda dapat mengelola investasi sendiri misalnya dengan trading saham.

5. Properti

Pilihan investasi ini tentu saja membutuhkan modal yang besar. Meski besar, jangan khawatir pengembalian atau retun-nya juga tidak mengecewakan. Saat ini makin banyak orang membutuhkan tempat tinggal. Sehingga investasi properti dapat diwujudkan dengan jual beli rumah atau pembangunan kontrakan dan kost-an. Ingat posisi properti harus benar-benar dipertimbangkan.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (uji/JPC)

Copy Editor :

5 Jenis Investasi Ini Cocok Buat Emak-emak