alexametrics

Dolar Mulai Menguat Tahan Rupiah Melaju Di Jalur Hijau

9 Januari 2019, 08:46:22 WIB

JawaPos.com – Perdagangan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) sepertinya akan melemah namun masih dikisaran 14.100. Dolar mulai merangkak naik akibat pergerakan Euro.

Analis AAEI Reza Priyambada mengatakan, secara teknikal, Pergerakan Rupiah yang masih berada di area lower bollinger band memungkinkan untuk bergerak naik atau dengan kata lain meninggalkan area tersebut dimana cenderung dapat kembali melemah. 

“Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 14.132- 14.150,” ujarnya Rabu (9/1).

Reza menjelaskan, mulai bergerak naiknya USD membuat laju Rupiah kembali melemah. Padahal dari dalam negeri masih cukup positif untuk membantu Rupiah untuk dapat melanjutkan kenaikannya. 

Akan tetapi, sentimen tersebut terimbangi dengan kondisi di Benua Eropa dimana data-data yang dirilis cenderung mengalami penurunan. Bahkan diperparah dengan adanya penilaian akan resesinya ekonomi Zona Eropa. Kondisi tersebut membuat laju EUR melemah.

Apalagi, jika dilihat pergerakan EUR kembali melemah sehingga memungkinkan USD kembali menguat. Di sisi lain, penguatan Rupiah yang telah berlangsung dalam beberapa hari terakhir juga perlu diwaspadai adanya potensi pembalikan arah. 

“Dengan pelemahan tersebut maka memberikan kesempatan pada USD untuk berbalik menguat sehingga berimbas negatif pada Rupiah,” tandasnya.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Romys Binekasri

Dolar Mulai Menguat Tahan Rupiah Melaju Di Jalur Hijau