JawaPos Radar

Ini Yang Tidak Dimiliki Bitcoin Dengan Instrumen Investasi Lainnya

08/02/2018, 20:09 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Ini Yang Tidak Dimiliki Bitcoin Dengan Instrumen Investasi Lainnya
ilustrasi bitcoin (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Keberadaan bitcoin sebagai produk mata uang virtual atau cryptocurrency terus ditentang secara terang-terangan. Tapi di satu sisi, permintaan akan mata uang virtual itu juga terus meningkat di Indonesia. Bahkan, Bitcoin disebut sebagai imbauan dari investasi digital.

Konsultan Hukum Keuangan Digital, Robertus Ori Setianto mengatakan, ada beberapa hal yang membedakan bitcoin dengan beberapa instrumen investasi seperti emas, saham, obligasi dan lainnya.

"Salah satu unsur yang engga ada di bitcoin yaitu trust. Emas kita tahu ada alat yang bisa mendeteksinya. Obligasi itu register ke pasar modal susah, jadi bisa dipercaya," ujarnya di DPP Taruna Merah Putih, Jakarta, Kamis (8/2).

Selain itu, bitcoin juga dianggap tidak memiliki sosok yang dipercaya untuk sebuah pertanggungjawaban. Dia mencontohkan seperti saham, jika ada gejolak besar yang mengganggu pergerakan maka ada sosok direktur utama Bursa Efek Indonesia (BEI) yang bisa dipercaya untuk meredakan permasalahan tersebut.

Sementara, bitcoin dianggap tidak memiliki sosok yang bisa dipercaya. Bahkan, penemunya Satoshi Nakamoto merupakan nama samaran.

"Sekarang kita lihat backgroundnya siapa? Tadi saja engga dimunculkan nama (penemunya). Bagaimana kita mau percaya? Kalau kayak saham kita percaya ada pak Tito. Jadi itu soal kepercayaan," tutupnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up