alexametrics

IHSG Diharapkan Bisa Lanjutkan Penguatan

8 Februari 2018, 07:17:19 WIB

JawaPos.com – Pasar saham Indonesia kini mencoba mulai bangkit dari keterpurukannya. Indeks harga saham gabungan (IHSG) perlahan-lahan mulai gerah terus terbelenggu di zona merah. Sentimen seadanya dijadikannya asa serta aksi beli yang terbatas ternyata tak dijadikannya batasan hingga IHSG dapat kembali berpijar di akhir perdagangannya kemarin.

Analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priambada mengatakan, IHSG yang berada di persimpangan tengah diuji ketahannnya agar tidak kembali meredup. Aksi beli masih jadi harapan agar IHSG tak kembali meredup.

“Adanya kenaikan IHSG memperlihatkan kenaikan volume beli meski masih terbatas. Di sisi lain, kenaikan ini masih di persimpangan karena harus diuji ketahanannya untuk membuat kenaikan lanjutan,” ujarnya di Jakarta, Kamis (8/2).

Reza membeberkan, penguatan IHSG kemarin terjadi lantaran laju bursa saham Asia cenderung berbalik naik. Kondisi ini turut mempengaruhi laju IHSG yang turut bergerak naik.

“Pelaku pasar memanfaatkan pelemahan sebelumnya untuk kembali masuk hingga membuat pergerakan IHSG menghijau,” tuturnya.

Meski berada di zona hijau dan menguat hingga 100 poin lebih namun, kata Reza, pada pertengahan sesi kembali berbalik turun seiring masih adanya aksi ambil untung. Meski demikian, laju IHSG masih dapat ditutup di zona hijau.

“Secara sentimen, tidak ada sentimen yang signifikan membuat IHSG melemah pada perdagangan sebelumnya. Kondisi tersebut lebih dikarenakan efek psikologis di pasar,” tuturnya.

Pihaknya memperkirakan, Pergerakan IHSG hari ini akan berada di atas target batas atas (resisten) 6.512-6.530. “Diperkirakan IHSG akan berada di kisaran support 6498-6524 dan resisten 6548-6550,” tandasnya.

Editor : Mochamad Nur

Reporter : (mys/JPC)

IHSG Diharapkan Bisa Lanjutkan Penguatan