alexametrics

Imbas Putusan The Fed, Rupiah Dibuka Menguat ke Rp 14.035 per USD

8 Januari 2019, 10:46:15 WIB

JawaPos.com – Perdagagan nilai tikar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih dalam tren penguatan dan diperkirakan terus menguat lebih tinggi lagi. Mengutip yahoofinance, rupiah masih berada di level Rp 14.035 per USD.

Analis Samuel Sekuritas Ahmad Mikail mengatakan, penguatan rupiah masih didorong oleh pelemahan dolar AS akibat dari pernyataan Gubernur The Fed Jerome Powell yang akan lebih bersabar dalam menaikan suku bunga Fed Fund Rate (FFR).

“The Fed akan lebih bersabar dalam menaikan tingkat suku bunga tahun ini dan lebih melihat arah pergerakan ekonomi AS sebelum mengambil keputusan untuk kembali menaikan tingkat suku bunga,” ujarnya seperti dikutip Selasa (8/1).

Seperti diketahui, tingkat upah rata-rata per jam di AS pada Desember tercatat naik menjadi 3,2 persen (yoy) lebih tinggi dibandingkan dengan November sebesar 3,1 persen (yoy) ternyata tidak berdampak banyak terhadap dolar AS.

Disamping itu, pelaku pasar juga tengah memantau kemungkinan perundingan perdagangan antara AS-Tiongkok pada 7-8 Januari di Beijing diperkirakan akan semakin memperlemah dolar.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Romys Binekasri

Imbas Putusan The Fed, Rupiah Dibuka Menguat ke Rp 14.035 per USD