alexametrics

5 Tips Atur Hobi Suami Agar Tak Kebablasan

7 Desember 2019, 10:31:35 WIB

JawaPos.com – Setiap orang pasti memiliki hobi. Saat masih sendiri, hobi semahal apapun pasti bisa tersalurkan karena belum memiliki tanggungan. Namun, jika sudah berkeluarga sementara gaji hanya cukup untuk kebutuhan anak istri, hobi harus mengalah.

Hobi bisa saja dapat kembali tersalurkan jika perencanaan keuangan dapat diatur dengan baik. Para istri pun perlu mengatur keuangan suami agar hobinya bisa terus terwujud tanpa membuat keuangan keluarga kebobolan.

Mengutip situs resmi cermati.com, berikut tips yang bisa diikuti oleh para istri agar tetap menyenangkan suami melakoni hobi tanpa harus menggerus dompet.

 

1. Diskusikan dengan baik bersama pasangan

Diskusikan soal hobi suami bersamanya agar dapat merencanakan biaya. Suami juga harus terbuka dengan istri karena hobinya tersebut pasti membutuhkan uang.

 

2. Pahami secara detail hobi suami

Anda perlu mengenal hobi suami dari A sampai Z, sehingga Anda bisa melihat berbagai prospek yang bisa dikembangkan dari hobi tersebut. Bukan hanya membutuhkan sejumlah biaya, hobi juga bisa saja menghasilkan uang.

 

3. Tentukan budget yang tepat untuk hobi ini

Jika sudah mengenal hobi suami dengan baik, maka Anda dapat menentukan anggaran bulanan untuk kebutuhan yang satu ini. Jangan lupa untuk menyesuaikan budget hobi suami dengan kemampuan keuangan, mengingat banyak kebutuhan pokok lain yang harus dipenuhi. Libatkan suami dalam menentukan jumlah bujet hobi ini, sehingga suami Anda dapat memahaminya dengan baik.

 

4. Buat aturan penggunaan bujet

Semua aturan main penggunaan bujet hobi ini harus ditentukan sejak awal, agar Anda dan suami tidak menjadi masalah di kemudian hari. Selain itu, aturan yang jelas sejak awal seperti ini akan membuat suami Anda lebih disiplin dalam menggunakan budget hobinya tersebut.

 

5. Awasi dengan baik penggunaan budget

Hal ini sangat penting, apalagi jika pasangan Anda termasuk orang yang susah sekali mengerem pengeluaran. Bila terbukti ada pengeluaran hobi yang melebihi bujet, maka terapkan aturan main yang sudah disepakati bersama suami. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun bisa memberikan banyak dampak positif. Jadi, selalu ingatkan pada suami Anda untuk disiplin mematuhi bujet hobi yang sudah ditetapkan jumlahnya setiap bulan.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Romys Binekasri


Close Ads