JawaPos Radar

Pergerakan Obligasi Mulai Kembali Bergerak Positif

07/05/2018, 09:25 WIB | Editor: Mochamad Nur
Pergerakan Obligasi Mulai Kembali Bergerak Positif
Ilustrasi Gedung Bursa Efek Indonesia (DOK. ISSAK RAMADHAN/JAWAPOS.COM)
Share this

JawaPos.com - Pergerakan obligasi yang mulai kembali positif perlu diuji untuk mempertahankan pergerakan kenaikannya. Pergerakan rupiah yang cenderung mendatar memberikan imbas positif bagi pasar obligasi dalam negeri. Pelaku pasar memanfaatkan bertahannya rupiah dari pelemahan lebih lanjut untuk kembali masuk. Aksi beli pun terjadi dengan memanfaatkan pelemahan sebelumnya.

Namun disisi lain, pergerakan imbal hasil obligasi Amerika Serikat (AS) masih cenderung meningkat seiring respon atas variatifnya rilis data ekonomi

“Dimana penambahan pekerjaan bertumbuh di bawah estimasi namun, diimbangi rilis penurunan tingkat pengangguran,” kata analis PT Binaartha Sekuritas Reza priyambada di Jakarta, Senin (7/5).

Menurutnya, saat ini pasar masih mencermati imbasnya terhadap potensi kenaikan suku bunga The Fed. Diharapkan sentimen dari dalam negeri masih ada yang dapat direspon positif untuk mempertahankan kenaikan tersebut.

Adapun untuk pergerakan masing-masing tenor ialah untuk tenor pendek (1-4 tahun) imbal hasilnya rata-rata turun 4,40 bps, tenor menengah (5-7 tahun) turun 1,21 bps, dan panjang (8-30 tahun) turun 2,76 bps.

Laju pasar obligasi cenderung variatif naik tipis. Pada FR0063 yang memiliki waktu jatuh tempo ±10 tahun dengan harga 96,20 persen memiliki imbal hasil 6,52 persen atau naik 0,01 bps dari sebelumnya di harga 96,25 persen memiliki imbal hasil 6,51 persen

Untuk FR0075 yang memiliki waktu jatuh tempo ±20 tahun dengan harga 100,10 persen memiliki imbal hasil 7,49 persen atau turun 0,010 bps dari sehari sebelumnya di harga 99,99 persen memiliki imbal hasil 7,50 persen.

“Waspadai jika masih adanya berbagai sentimen yang dapat membuat laju pasar obligasi kembali melemah,” tandasnya.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up